Sergio Perez Menang F1 GP Singapura 2022, Max Verstappen Terhempas Dari 5 Besar

HASIL race F1 GP Singapura 2022 sudah diketahui. Pembalap Red Bull Racing, Sergio Perez, sukses meraih kemenangan. Namun, nasib berbeda didapat rekan setimnya, Max Verstappen, yang terhempas dari 5 besar sehingga dipastikan gagal menyegel gelar juara F1 2022.

Balapan F1 GP Singapura 2022 berlangsung di Sirkuit Marina Bay Street, Minggu (2/10/2022) malam WIB. Sergio Perez sukses mengasapi duo pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz.

 

Balapan tersebut sempat ditunda selama satu jam akibat hujan deras yang menggenangi Sirkuit Marina Bay Street. Namun, balapan sebanyak 61 lap itu tetap digelar dan sukses dimenangkan oleh Sergio Perez. Sementara itu, Max Verstappen tercecer di posisi ketujuh.

Jalannya Balapan

Pembalap Tim Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, memulai balapan di tempat gridnya pada posisi pertama. Sementara itu, Sergio Perez langsung mengambil alih balapan dan memimpin hingga tikungan 1 di depan Leclerc, Sainz, dan Hamilton. Namun, banyak kekacauan di urutan bawah.

Di sisi lain, Max Verstappen turun ke posisi 12 pada lap pembuka. Lap 1 berjalan buruk untuk sang juara bertahan.

Urutan di Lap 1 masih dipimpin oleh Perez, yang dibuntuti oleh Leclerc, Carlos Sainz, Lewis Hamilton, Norris, Alonso, Gasly, Vettel, Tsunoda, Stroll, Magnussen, Verstappen, Ricciardo, Schumacher, Ocon, Bottas, Latifi, Zhou, Russell, dan Albon.

Adapun, kali ini Leclerc mengaspal secara konsisten berada di depan lintasan, terpaut 0,9 detik berbeda dari Perez. Sementara itu, Sainz ada di posisi ketiga terpaut 5,8 detik. Akan tetapi, pada Lap 6, Perez kembali memimpin.

 

Hingga lap 20, Perez masih terus mendominasi di posisi terdepan. Kemudian, dia dibuntuti oleh Leclerc, Sainz, Hamilton, Norris, Alonso, Verstappen, Gasly, Vettel dan Tsunoda. Bahkan hingga lap 29, Perez masih sulit untuk dikejar oleh Leclerc.

Di sudut lain, beberapa drama antara Verstappen dan Norris saat restart terjadi. Pemba;a[ Belanda itu mencoba menyalip pembalap McLaren.

Sementara itu, Perez kembali memimpin hingga 3,3 detik di Lap 32 di depan Leclerc. Verstappen tetap di belakang Norris untuk urutan kelima.

Pada lap 35, Ferrari memanggil Leclerc untuk mengganti ban slick dengan medium. Russell membuat lap tercepat lainnya. Namun, pada Lap 41, Perez masih menguasai balapan. Sementara itu, Leclerc masih membuntutinya yang kini terpaut satu detik dari Perez untuk memimpin.

Memasuki lap 45, Perez masih terus tak terkejar oleh Leclerc, Sainz, Norris, Ricciardo, Stroll, Vettel, Hamilton. Balapan pun masih terus berlanjut dengan cukup ketat.

Perez tampil konsisten hingga lap 56. Perez terus mengasapi Leclerc, Sainz, Norris, Ricciardo, Stroll, Vettel, Hamilton, Verstappen, Gasly, Bottas, Magnussen, Schumacher dan Russell. Alhasil, Perez memenangkan Grand Prix F1 Singapura 2022. Sementara itu Leclerc dan Sainz melengkapi podium.

Berikut Hasil Race F1 GP Singapura 2022:

1 Sergio Perez MEX Oracle Bull Racing 59 Laps

2 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari + 7.595s

3 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari + 15.305s

4 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 26.133s

5 Daniel Ricciardo AUS McLaren F1 Team + 58.282s

6 Lance Stroll CAN Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team + 61.330s

7 Max Verstappen NED Oracle Red Bull Racing + 63.825s

8 Sebastian Vettel GER Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team + 65.032s

9 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 66.515s

10 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri + 74.576s

11 Valtteri Bottas FIN Alfa Romeo F1 Team Orlen + 93.844s

12 Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team + 97.610s

13 Mick Schumacher GER Haas F1 Team + 1 Lap

14 George Russell GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 1 Lap

Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri DNF

Esteban Ocon FRA BWT Alpine F1 Team DNF

Nyck de Vries NED Williams Racing DNF

Fernando Alonso ESP BWT Alpine F1 Team DNF

Nicholas Latifi CAN Williams Racing DNF

Guanyu Zhou CHN Alfa Romeo F1 Team Orlen DNF.(Sumber)