Arkhan Kaka Brace, Timnas U16 Tekuk Uni Emirat Arab di Pra Piala Asia

Timnas U-16 Indonesia melawan Uni Emirat Arab (UEA) U-16 dalam laga kedua Pra-Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, pada Rabu (5/10). Skornya 3-2.

Gol Timnas U-16 dicetak oleh Nabil Asyura (17′), Arkhan Kaka (30 dan 54). Sedangkan, gol UEA U-16 dicetak oleh Walid Mal Allah (32′) dan Ghait Abdullah (40′).

Dengan hasil ini, Timnas U-16 ada di posisi puncak dengan enam poin. Anak asuh Bima Sakti memiliki angka yang sama dengan UEA, tetapi unggul head to head.

Starting XI Timnas U-16 vs UEA
Timnas U-16 XI: Andrika Fathir; Habil Abdillah, Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge, Nurviat Subagja; Achmad Zidan, Kafiatur Rizky, Figo Dennis; Riski Afrisal, Arkhan Kaka, Nabil Asyura.

UEA U-16 XI: Hamdan Mal Allah; Rashid Al Shamsi, Ahmed Obaid, Saeed Amer, Hussein Mahmoud; Ali Jaber, Abdulaziz Al Marzouki; Abdullah Al Blooshi; Jumah Abdula, Walid Mal Allah, Ghait Abdullah.

Jalannya Laga Timnas U-16 vs UEA
Kedua tim bertanding ketat sejak awal. Timnas U-16 Indonesia membuat umpan-umpan yang cukup baik, tetapi final pass belum oke di 15 menit awal.

Barulah pada menit ke-17, Timnas U-16 bisa mencetak gol. Habil melepas umpan silang lambung, bola ditendang via tembakan first time Nabil yang menghujam gawang UEA. 1-0.

Timnas U-16 mencetak gol kedua di menit 30. Menerima umpan terobosan dari Kafiatur, Arkhan dengan tenang melepas tendangan akurat ke gawang UEA. 2-0.

UEA memperkecil ketinggalan di menit 32. Berawal dari serangan balik, Walid bergerak menusuk ke pertahanan Timnas U-16, bek-bek Indonesia gagal menekan dan merebut bola. Ia melepas tendangan akurat di bibir kotak penalti yang gagal ditepis Andrika. 2-1.

Timnas U-16 kembali kebobolan di menit 40. Iqbal gagal merebut bola dengan tekel, sehingga Ghait berhasil memanfaatkan umpan terobosan Walid untuk melepas tendangan yang gagal ditepis Andrika. 2-2.

Dua gol UEA tercipta berkat skill dan kecepatan individu. Pertahanan Timnas U-16 harus lebih mengurangi kecerobohan.

Pada babak kedua, Timnas U-16 tampil lebih menekan. Gol ketiga berhasil dibuat pada menit ke-54. Adalah Arkhan Kaka yang membuat gol ke gawang UEA. Tendangan keras Arkhan menerima umpan Kafiatur gagal dijangkau penjaga gawang. Skor menjadi 3-2.

UEA terus menekan guna menyamakan kedudukan. Namun, pertahanan yang rapat Timnas U-16 membuat UEA gagal mencetak gol. Laga dimenangi Timnas U-16 dengan skor 3-2.(Sumber)