Surati Jokowi, FIFA Pastikan PSSI Bebas Sanksi Buntut Tragedi Kanjuruhan

Bayang-bayang sanksi kepada PSSI menyusul Tragedi Kanjuruhan akhirnya terjawab. Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memastikan tak akan memberikan hukuman kepada PSSI buntut tragedi yang menelan 131 korban jiwa tersebut.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo usai menerima surat dari FIFA. Surat tersebut dikirimkan sebagai tindak lanjut pembicaraan per telepon Jokowi dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

“Berdasarkan surat tersebut, alhamdulillah sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA,” imbuh Jokowi dalam keterangan resminya di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (7/10).

Sebelumnya, banyak pihak menilai PSSI akan dijatuhkan sanksi oleh FIFA menyusul kerusuhan yang terjadi usai laga Arema FC vs Persebaya di Liga 1 pada 1 Oktober lalu. Bahkan, beredar kabar PSSI akan dibekukan layaknya 2015 silam.

Selain itu, Jokowi juga menyatakan pemerintah bersama-sama FIFA akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. Nantinya, FIFA akan berkantor di Indonesia selama masa kerjanya.

Jokowi mengatakan Infantino akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat.
“Nanti, Presiden FIFA akan datang ke Indonesia pada Oktober atau November untuk berdiskusi dengan pemerintah,” tandasnya.(Sumber)