Tekno  

Pernah Kucurkan Dana Rp.1,34 Triliun ke GoTo, Ini Alasan Blibli

Perusahaan e-commerce Blibli, PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) mengungkapkan alasan penyuntikan dana sekitar Rp 1,34 triliun kepada PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Corporate Secretary dan Investor Relation Blibli, Erick Alamsjah Winarta mengatakan, sebetulnya perusahaan melakukan investasi tersebut saat GoTo masih bernama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek.

“Itu kan jadi investment itu dibikin pada saat mereka masih namanya Gojek ride hailing bisnis karena memang kita waktu itu mereka bisnis partner kami dan mereka juga ada sinergi dengan kita,” ungkapnya saat konferensi pers Paparan Publik IPO Blibli, Selasa (18/10).

Namun begitu dengan berjalannya waktu, Blibli dan GoTo memiliki model bisnis yang berubah. Sehingga, saat ini posisi investasi tersebut dianggap hanya sebagai financial investment (investasi keuangan) saja, ketimbang strategic investment (investasi strategis).

“Jadi memang kita kemungkinan bisa ada ya bisa di-treat sebagai financial investment saja sih,” jelas Erick.

Adapun dalam prospektus perusahaan, Blibli menyatakan telah melakukan investasi langsung di GoTo sebesar Rp 1,34 triliun pada 7 Maret 2018. Bahkan per 30 Juni 2022, tercatat investasi Blibli di GoTo sebesar Rp 3,68 triliun.

Namun pada saat menyelesaikan laporan keuangan periode 30 Juni 2022, nilai investasi saham Blibli di GoTo mendekati Rp 282 per lembarnya. Sehingga, nilai investasi Blibli di GoTo mendekati Rp 2,68 triliun.

Blibli pun mengakui sempat mengalami kenaikan rugi komprehensif di kuartal I 2022 menjadi Rp 456,87 miliar, yang terutama disebabkan oleh nilai wajar dari investasinya atas PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).(Sumber)