News  

Revitalisasi Selesai, TMII Siap Dibuka Lagi Untuk Masyarakat

Direktur Eksekutif Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Emilia Eny Utari mengatakan revitalisasi TMII sudah tuntas 100 persen. Pihaknya telah melakukan serah terima dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Status revitalisasi TMII sudah rampung ditandai dengan adanya berita acara serah terima dari PUPR kepada TWC (Taman Wisata Candi),” katanya saat dihubungi, Senin, 31 Oktober 2022.

Ia mengatakan manajemen TMII akan menguji terlebih dahulu semua fasilitas yang telah direvitalisasi secara bertahap. “Secara Infrastuktur sudah selesai, dan kami sedang proses persiapan-persiapan teknis untuk pelaksanaan uji coba operasional,” tutur Emilia.

Sebabnya, Emilia menyampaikan pihaknya belum bisa memastikan kapan pastinya TMII sudah dibuka kembali dan bisa dikunjungi masyarakat umum.

“Tanggal pastinya tetap masih melalui serangkaian uji coba kelayakan, yang akan kami lakukan mulai awal sampai minggu ketiga bulan November 2022,” ujar dia.

 

Sejumlah Wahana dan Fasilitas yang Jadi Sasaran

Sejak Januari lalu, pemerintah mulai melakukan revitalisasi kawasan Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. Pengelola pun menutup TMII bagi masyarakat umum sejak 17 Mei 2022.

Revitalisasi itu dilakukan untuk menyambut event internasional KTT G20 Indonesia yang berlangsung di Bali pada 15 November 2022.

Kegiatan renovasi tersebut meliputi sejumlah wahana dan fasilitas. Mulai dari penanganan jalan kawasan TMII, penataan area gerbang utama, renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, Sasono Adiguno) dan renovasi museum.

Renovasi juga menyasar penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago, renovasi Museum Teater Garuda, Museum Telkom dan Keong Mas, struktur parkir (elevated) serta revitalisasi Danau Archipelago.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya mengalokasikan Rp 1,13 triliun untuk kegiatan renovasi TMII. “Renovasi Taman Mini Indonesia Indah atau TMII dengan alokasi sebesar Rp1,13 triliun,” ujarnya saat rapat bersama DPR.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai induk Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung berharap revitalisasi TMII akan selesai pada Oktober tahun ini.

Dengan revitalisasi ini, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan TMII akan menjadi The Ultimate Showcase of Indonesia. “Artinya TMII akan direvitalisasi mengusung konsep Indonesia Opera yang merepresentasikan keragaman dan kekayaan potensi daerah dan budaya Indonesia secara modern dan inspiratif,” kata dia.(Sumber)