News  

Hasil Survei LSN: Prabowo Tak Tergoyahkan di Puncak, Ditempel Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo

Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbaru tentang kecenderungan perilaku memilih (voting behavior) masyarakat Indonesia menghadapi Pemilu 2024.

Salah satu temuan menarik, adanya kecenderungan generasi milenial dan pemilih pemula (first-time voters) memilih Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024-2029.

“Berdasarkan temuan LSN, sebanyak 36,7 persen responden yang termasuk dalam kategori pemilih pemula menjatuhkan pilihannya pada Prabowo Subianto seandainya (Pilpres) dilaksanakan saat ini,” kata Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry dalam siaran daring, Jumat (4/11).

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto semakin tak tergoyahkan posisinya di puncak elektabilitas. Menurut Gema, sebanyak 33,5 persen responden yang masuk kategori generasi milenial mengaku akan memilih Prabowo jika pemilihan presiden (Pilpres) dilaksanakan saat ini.

Sementara Anies Baswedan dipilih oleh 21,8 persen responden dan Ganjar Pranowo 18,2 persen. “Sisanya 26,5 persen menjawab tidak tahu atau memilih tokoh lain,” ucap Gema.

Survei LSN kali ini dilaksanakan pada 29 Oktober hingga 2 November 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang minimal berusia 17 tahun dan telah memiliki e-KTP.

Jumlah sampel sebanyak 1.230 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (systematic random sampling). Batas kesalahan (margin of error) sebesar 2,79 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95 persen.

“Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (telesurveyer),” ungkap dia. (Sumber)