4 Rekor Valentino Rossi di MotoGP Yang Tak Mungkin Dipecahkan Marc Marquez

ADA 4 rekor Valentino Rossi di MotoGP yang mustahil dipecahkan Marc Marquez menarik untuk dikulik. Satu di antaranya tak mungkin terwujud!

Seperti diketahui, gelar legenda MotoGP yang disematkan kepada Valentino Rossi tak sembarangan.

Pasalnya, pembalap yang dijuluki The Doctor itu kerap menuai rekor yang sulit dipecahkan oleh pembalap MotoGP lainnya, termasuk Marc Marquez.

Sekalipun sudah pensiun, rekor yang dimiliki Valentino Rossi hampir dipastikan sukar dipecahkan Marc Marquez.

Kendati saat ini Marc Marquez masih aktif di lintasan, pembalap berjuluk The Baby Alien itu tak mampu lampaui rekor The Doctor ini. Lantas, apa saja rekor yang dimaksud?

Berikut 4 rekor Valentino Rossi di MotoGP yang mustahil dipecahkan Marc Marquez.

4. Rekor Gila Bareng Yamaha

4 rekor Valentino Rossi di MotoGP yang mustahil dipecahkan Marc Marquez dimulai dari rekor bareng Yamaha. Rekor ini sulit untuk dipecahkan, lantaran Marc Marquez masih berseragam Repsol Honda.

Seperti diketahui, Valentino Rossi pernah membela Yamaha di dua periode berbeda. Pertama ia membela Yamaha pada 2004-2010. Kemudian berlanjut pada 2013 sampai ia pensiun.

Selama di Yamaha Valentino Rossi tampil moncer dengan segudang prestasi. Tercatat ia mampu merebut empat gelar juara pada 2004, 2005, 2008, dan 2009. Ia pun mampu mengoleksi setidaknya 55 kemenangan dalam rentang waktu tersebut.

Bahkan, di tahun 2005, The Doctor pernah menang 11 kali dalam semusim. Rekor ini sukar dipecahkan mengingat Marc Marquez masih setia bersama Honda.

3. Gelar Juara dan Kemenangan Beruntun di Tim Berbeda

Torehan moncer Valentino Rossi ini jelas membuat namanya harum di kancah balapan motor bergengsi se-dunia ini. Terlebih Valentino Rossi pernah juara dunia di dua tim berbeda.

Pada 2001-2003 ia sukses juara MotoGP (saat itu masih 500cc) bersama Honda. Kemudian, pada rentang 2004, 2005, 2008, dan 2009, ia berhasil menyabet gelar juara dunia bersama Yamaha.

Itu artinya ketika juara dunia pada 2003 dan 2004, Valentino Rossi juara beruntun di dua tim pabrikan berbeda. Lagi-lagi rekor itu sulit dipecahkan, jika Marc Marquez tidak pindah dari Honda

2. Juara Dunia dengan 4 Motor Berbeda

Rekor Valentino Rossi di MotoGP yang mustahil dipecahkan Marc Marquez berikutnya adalah juara dunia dengan menggunakan 4 motor berbeda! Kehebatan itu ditunjukkan Valentino Rossi saat juara dunia pada 2001.

Ketika itu ia menggunakan Honda NSR500 dengan mesin 500cc. Kemudian, ia mampu juara dengan motor RCV211V yang menggunakan mesin 990cc.

Ketika hijrah ke Yamaha, Valentino Rossi yang juara pada 2004-2005 menggunakan motor YZR-M1 yang berkapasitas 990cc. Lalu pada rentang 2008-2009, ia menggila dengan motor berbeda yaitu YZR-M1 800cc.

1. Raih Juara Dunia di 2 Era

Rekor Valentino Rossi di MotoGP yang mustahil dipecahkan Marc Marquez dan bahkan sulit terwujud adalah juara dunia di dua era. Dua era yang dimaksud di sini merujuk pada teknologi yang diterapkan mekanik pada motor yang ditunggangi pembalap.

Saat merebut juara 2001 bersama Honda, ia menggunakan mesin 500cc dengan teknologi dua tak. Sementara pada 2002, Valentino Rossi masih sanggup dominan, meski motor Honda sudah dilengkapi teknologi terbaru alias empat tak.

Rekor ini dipastikan tak bakal bisa diwujudkan oleh Marc Marquez. Pasalnya, motor di MotoGP saat ini sudah menggunakan kapasitas mesin 1000cc. Dengan kata lain, ke depannya Marc Marquez tak bisa juara dunia dengan motor kapasitas 500cc.(Sumber)