News  

Geger! Mayat Di Bogor Hidup Lagi, Polisi Ungkap Penyebabnya

Seorang warga Desa Rancabungur, Kabupaten Bogor, berinisial US (40) atau yang dikenal dengan nama Wenshi (Ws) Urip, dikabarkan hidup kembali setelah dinyatakan meninggal dunia.

Hal tersebut diketahui pihak keluarga setelah membuka peti, tiba-tiba tubuh US bergerak seperti sedang bernapas. Padahal saat itu pihak keluarga sudah menyiapkan upacara pemakaman pada Jumat (11/11).

US merupakan rohaniawan dari Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia. Sebelum dinyatakan meninggal, dia pergi melakukan kegiatan di Semarang.

Pihak RSUD Kota Bogor menjelaskan kondisi pasien berinisial US (40) dikabarkan meninggal dunia. Menurut pihak rumah sakit, kondisi pasien bukan meninggal dunia melainkan kekurangan oksigen.

“Jadi pasien itu datang dengan penurunan kesadaran dua hari lalu, Jumat. Sampai di rumah sakit, datang terus diperiksa dan dalam keadaan penurunan kesadaran, terus kita tangani kemudian kita rawat, itu saja. Jadi domain kami adalah domain rumah sakit, SOP,” kata Dirut RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir kepada wartawan di rumah duka, Selasa (15/11).

Mengenai informasi pasien dinyatakan meninggal dunia, Ilham menyebut informasi tersebut bukan dari pihaknya. RSUD Kota Bogor menyebut belum menerima surat bahwa pasien meninggal dunia. Hanya saja pihak RSUD menerima informasi kematian dari keluarga pasien.

“Mengenai kejadian sebelumnya (kematian), bagaimana keterangan dan lain sebagainya itu di luar sana, itu hanya informasi saja. Enggak tau, enggak jelas ya (kematiannya). Jadi tidak ada bukti, kita minta dari rujukan rumah sakit mana, tapi enggak ada rujukannya. Yang jelas keterangannya, pulang dari Semarang, terus katanya dikabarkan meninggal, kata keluarganya ya,” jelasnya.

Cerita Perawat yang Tangani WS Urip, Rohaniwan yang ‘Hidup Kembali’ di Bogor

Perawat Klinik Pratama Rawat Inap, Herlin Septiana, menceritakan saat-saat pertama kali memeriksa Wen Shi Urip Saputra (40) setelah diklaim hidup lagi setelah dinyatakan meninggal dunia.

Herlin mengatakan, saat ia pertama kali memeriksa Urip, pria tersebut masih bernapas. Nadinya juga masih berdenyut disusul gerakan jari dan tubuhnya.

Urip diketahui bernapas oleh pihak keluarga saat para pelayat mendatangi rumahnya di Perumahan Ambar 2, Bogor, Jumat (11/11) malam. Malam itu keluarga langsung membawa Urip ke klinik tak jauh dari rumahnya.

“Dibawa ke kliniknya sekitar pukul 23.30 WIB, Jumat malam. Malam Sabtu pas saya dinas malam,” kata Herlin kepada wartawan, Selasa (15/11).

Polisi Pastikan Tak Ada Bukti Kematian WS Urip yang Diklaim ‘Hidup Kembali’
aniawan Khonghucu Wen Shi (WS) Urip Saputra, pria yang diklaim telah meninggal dunia dan kemudian hidup kembali.

Menurut informasi yang ditelusuri kepolisian, kematian Urip tidak pernah dibuktikan oleh keluarga. Pihak keluarga juga tidak bisa menunjukkan surat kematian dari rumah sakit.

“Tidak ada (surat kematian). Kami sudah memintakan surat kematiannya tapi yang bersangkutan (keluarga) tidak bisa menunjukkan,” ujar Iman.(Sumber)