News  

Gempa Goyang Cianjur, Guncangan Terasa Hingga Jabodetabek

Gempa bumi dengan kekuatan 5,6 magnitudo dilaporkan terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Gempa dirasakan di wilayah Jakarta dan sekitaran Depok, Bekasi, hingga Sukabumi, pada Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.21 WIB.

Guncangan gempa tersebut dirasakan juga di Jakarta dan membuat banyak warga panik sehingga memutuskan keluar dari ruangan dalam rumah atau gedung bertingkat.

Dilansir dari akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) @infoBMKG, terungkap informasi bahwa gempa itu memiliki kekuatan 5,6 magnitudo dengan pusat gempa berada di kawasan Cianjur, Jawa Barat dalam kedalaman 10 kilometer.

Gempa Bumi Guncang Jakarta, Warga Panik Keluar Ruangan (Twitter @infoBMKG)
“#Gempa Mag:5.6, 21-Nov-22 13:21:10 WIB, Lok:6.84 LS,107.05 BT (10 km Barat Daya KAB-CIANJUR-JABAR), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG,” cuit akun tersebut beberapa menit usai gempa.

Koordinat titik gempa itu berada pada 6.84 Lintang Selatan (LS) dan 107.05 Bujur Timur (BT). Sementara itu, pusat gempa dilaporkan BMKG terjadi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

Beberapa kali Jakarta memang terguncang karena gempa. Terakhir kalinya gempa Jakarta terjadi sekitar bulan Februari silam dengan pusat gempa berada di Sumur, Banten.

Meskipun kebanyakan sumber gempa dari kawasan Banten atau Jawa Barat bagian selatan, dampak gempa memang membuat wilayah Jakarta terkena imbasnya hingga banyak orang alami kepanikan.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa Ilustrasi gempa Bumi
Jika kamu berada dalam ruangan: lindungilah badan dan kepala kamu dari reruntuhan bangunan dengan cara bersembunyi di bawah meja. Kemudian cari tempat paling aman yang jauh dari reruntuhan atau guncangan. Lalu, lari ke luar jika masih bisa dilakukan.

Bila berada di luar ruangan atau area terbuka: Hindari bangunan yang terdapat di sekitar kamu, seperti gedung, tiang listrik, atau pohon. Perhatikan tempat kamu berpijak, hindari jika terjadi rekahan tanah. Kemudian bila kamu sedang mengendarai mobil: disarankan keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari bila terjadi pergeseran atau kebakaran.

Bila kamu tinggal atau berada di pantai: jauhi bibir pantai untuk menghindari bahaya tsunami. Bila kamu tinggal di daerah pegunungan: jika terjadi gempa bumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsor.