FIFA Ingatkan PSSI, GBK Tak Diizinkan Untuk Gelar Konser

FIFA mengirim surat kepada PSSI terkait pemakaian Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, pada Rabu (30/11). Dalam surat tersebut, FIFA tak mengizinkan GBK digunakan untuk konser.

Dalam surat FIFA yang diterima kumparan dari PSSI, ada poin penting yang bisa diambil. Intinya, FIFA menegaskan bahwa GBK tidak bisa dipakai konser.

“Setelah berkonsultasi dengan FIFA Pitch Management, kami menginformasikan bahwa kami tidak bisa menyetujui jadwal yang ada.

Mengadakan 2 konser dengan persiapan beberapa hari dan kegiatan pembongkaran di lapangan permainan, akan memberi tekanan tertentu pada lapangan, yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana,” tulisnya.

“Mengingat investasi signifikan yang telah disetujui pemerintah untuk digunakan dalam menyediakan lapangan sepak bola berkualitas tinggi, hanya akan bertentangan untuk mengizinkan acara ini berlangsung pada turnamen terdekat.

Dengan ini kami mohon dengan hormat untuk menyampaikan masukan ini kepada Manajemen Stadion GBK,” tandasnya.

GBK adalah salah stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 pada 20 Mei–11 Juni 2023. Sementara, konser yang dimaksud adalah konser grup Kpop, Blackpink, yang rencananya mau digelar di sana pada 11 dan 12 Maret.

Di sisi lain, tidak ada kalimat berisi pelarangan untuk GBK dipakai sebagai venue Piala AFF 2022 pada Desember mendatang.

FIFA sebenarnya telah mengeluarkan aturan resmi ‘Regulations for the FIFA U-20 World Cup Indonesia 2023’, yang salah satu isinya mengatur penggunaan venue Piala Dunia U-20 2023.

“Stadion tidak akan digunakan untuk pertandingan atau acara lain setidaknya 14 hari sebelum dimulainya Piala Dunia 2023 (atau lebih awal jika dianggap perlu oleh FIFA jika kondisi mengharuskan) dan berakhir paling cepat satu hari setelah jadwal pertandingan terakhir di stadion masing-masing, kecuali FIFA memberikan izin khusus,” tulis FIFA pada Artikel 19 aturan itu.

Boleh jadi, aturan inilah yang menjadi dasar FIFA melarang adanya konser pada Maret nanti. Meski tertulis harus steril maksimal 14 hari sebelum Piala Dunia U-20 2023, FIFA tetap bisa meminta steril lebih cepat.(Sumber)