News  

Geger! Ribuan Orang Kompak Telanjang Bulat di Pantai Australia, Ada Apa?

Sebanyak 2.500 orang bertelanjang dan difoto di pantai Bondi di Sydney, Australia, pada Sabtu (26/11/2022).

Hal itu bertujuan sebagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker kulit. Mereka berfoto atas inisiasi fotografer dari Amerika Serikat, Spencer Tunick.

Dikutip dari Insiders dan The Guardian, acara seni dengan tema “Strip Off for Skin Cancer” tersebut bekerja sama dengan sebuah badan amal yang mendorong warga Australia untuk melakukan pemeriksaan kulit secara teratur.

Jumlah sukarelawan yang mengikuti sesi foto tersebut mewakili 2.000 lebih warga Australia yang meninggal setiap tahun akibat kanker kulit.

“Itu membekukan, tetapi juga memberdayakan untuk bersama begitu banyak orang yang mendukung penyebabnya dan juga seperti telanjang dan melihat begitu banyak orang dan bentuk serta ukuran yang berbeda.

Semua orang merasa nyaman menjadi telanjang. Itu luar biasa,” tutur Sarah Bowen, salah satu relawan yang ikut pemotretan kepada The Guardian.

Sebagaimana diketahui, Tunick terkenal dengan karya seni dengan pemotretan telanjang. Pada tahun 2010, ia mengumpulkan 5.000 orang Australia telanjang di depan Gedung Opera Sydney untuk merayakan Mardi Gras Gay dan Lesbian Sydney.

“Sudah sepantasnya saya menggunakan platform saya untuk mengajak masyarakat melakukan pemeriksaan rutin guna mencegah kanker kulit,” ujarnya.(Sumber)