News  

Rakyat Bersama Anies Baswedan

Pasca deklarasi Anies Baswedan sebagai Calon Presiden, Partai NasDem dan Anies Baswedan mulai panen suara. Elektabilitas Anies Baswedan dan NasDem naik. Ganjar Pranowo turun. Prabowo Subianto terjun bebas.

Indikatornya sederhana. Hasil survei. Terbaru hasil survei Indikator Politik dan Indopol. Posisi Anies Baswedan mulai naik peringkat. Elektabilitas Anies Baswedan naik tajam. Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto melorot.

Indikator Politik Indonesia (1/12/2022) merilis hasil survei. Elektabilitas Ganjar Pranowo 33,9 persen. Beda tipis dengan Anies Baswedan 32,2 persen. Terpaut 1,7 persen. Prabowo Subianto harus puas di posisi ketiga. Setelah beberapa lama menjadi top skor. Kini PS panggilan akrab Prabowo Subianto elektabilitasnya hanya tersisa 23,9 persen.

Dibandingkan survei Indikator Politik Indonesia setahun sebelumnya. Ganjar Pranowo turun 2,7 persen dari 36,6 persen. Demikian pula Prabowo Subianto. Ketua Umum yang juga Menteri Pertahanan terjun bebas 10,6 persen dari survei sebelumnya 34,5 persen. Hanya Anies Baswedan trendnya naik. Elektabilitas Anies Baswedan naik 7,9 persen dari 24,3 persen.

Sementara itu, hasil survei Indopol yang dirilis 28 November 2022. Anies Baswedan lagi-lagi naik peringkat. Anies Baswedan bertengger di posisi puncak. Anies Baswedan mengoleksi dukungan 25,09 persen. Posisi kedua ditempati Ganjar Pranowo 22,03 persen. Sedangkan Prabowo Subianto 13,50 persen.

Selain hasil survei. Kunjungan Anies Baswedan ke beberapa daerah bisa menjadi rujukan. Medan dan Jogja ‘pecah’. Tasikmalaya dan Ciamis dipenuhi lautan Anies. Palu berjajar pendukung Anies sepanjang 6 kilometer. Kita tunggu gelombang dukungan dari Aceh, Sumatera Barat dan Riau.

Menurut jadwal, mulai hari ini hingga 5 Desember 2022, Anies Baswedan akan melakukan safari ke Sumatera. Aceh, Sumatera Barat dan Riau dikenal sebagai basis suara Anies Baswedan. Prediksi Pilpres 2024, Anies Baswedan akan mengoleksi 98 persen suara di Aceh dan Sumatera Barat.

Bisa kita bayangkan. Aceh, Sumatera Barat dan Riau benar-benar akan menjadi lautan Anies dalam beberapa hari ini. Indikator Anies Baswedan unggul. Tidak saja unggul di lembaga survei. Melainkan unggul dalam dukungan nyata rakyat.

Sebentar lagi kita akan menyaksikan. Rakyat benar-benar bersama Anies Baswedan. Rakyat berbondong-bondong menghadiri acara Anies Baswedan dimanapun Anies Baswedan berada.

Cianjur Berduka,
8 Jumadil Ula 1444/2 Desember 2022
Tarmidzi Yusuf, Ketua Umum JABAR MANIES