News  

Nekat! Dibungkus Sarung dan Al-Quran, Perempuan Ini Selundupkan Ribuan Pil Koplo ke Lapas Kediri

Seorang perempuan di Kota Kediri menyelundupkan 1.572 butir pil koplo ke Lapas Klas IIA Kediri. Beruntung aksi penyelundupan itu digagalkan petugas lapas.

Pelaku berinisial YN (38). Sehari-hari, pelaku bekerja sebagai karyawan honorer rumah sakit di Kota Kediri. Pil koplo itu rencanannya akan dikirimkan ke mantan suaminya bernama Idris yang mendekam di lapas.

Idris sendiri telah dua kali dihukum dalam kasus narkoba. Dalam masa tahanannya saat ini, ia divonis 6 tahun penjara. Selama di lapas, Idris setiap harinya juga mengajar ngaji.

Dalam aksinya, pelaku membungkus ribuan pil tersebut dengan menggunakan sarung dan alumunium foil. Terungkapnya upaya itu berawal dari kecurigaan petugas terhadap barang kiriman pelaku saat skrining x-ray.

Selanjutnya petugas membongkar paket kiriman tersebut dan mendapati ribuan pil koplo yang diselipkan bersama sarung dan Al-Qur’an. Tak hanya itu, dalam paket itu pelaku berupaya menyelundupkan handphone pula.

“Petugas layanan kunjungan mencurigai salah satu paket yang diperuntukkan bagi salah satu napi, selanjutnya kami lakukan pemeriksaan hingga 4x untuk memastikan isi paket tersebut,” kata Kepala Lapas Kelas IIA, Hanafi, Kamis (8/12/2022).

“Selanjutnya dilakukan pembongkaran dan kecurigaan tersebut terbukti, dan didapati narkoba jenis pil dobel L sebanyak 1.572 butir,” imbuhnya.

AKP Ipung Hariyanto, Kasat Reserse Narkoba Polres Kediri Kota mengatakan setelah mendapat laporan dari Lapas, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan terhadap YN serta mengamankan barang bukti.

“Kami telah mengamankan barang bukti narkoba tersebut, saat ini kami juga sedang melakukan pemeriksaan terhadap YN, berdasar keterangan YN barang tersebut ia dapatkan dari kiriman seseorang ke rumahnya, ditujukan untuk mantan suaminya yang ada di lapas,” kata Ipung.(Sumber)