News  

Setahun Kiprah Jabar Manies: “Sabisa-Bisa, Kudu Bisa, Pasti Bisa”

Hari ini, 12 Desember 2022. Hari yang sangat bersejarah bagi JABAR MANIES (Jawa Barat Bersama Anies) dalam memulai sebuah perjuangan besar. Perjuangan yang penuh ujian dan tantangan. Perjuangan yang harus dinikmati dengan gembira dan penuh suka cita sebagai relawan Anies Rasyid Baswedan.

Tentu saja sebuah perjuangan yang tidak mudah. Mimpi besar tentang Indonesia. Apalagi kami hanya mengandalkan semangat (ghirah), tekad dan logistik seadanya dari kantong sendiri. Ada uang bergerak. Tak ada uang bergerak. Uang bukan segalanya. Segala-galanya perlu uang. Selalu ada jalan untuk kebaikan.

Landasan kerja kami sederhana. “Relawan kertas”, yaitu kerja ikhlas, kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas. “Kertas” yang tidak mudah sobek. “Kertas” yang bisa menorehkan prestasi apa saja untuk ditulis bersama-sama. Tentu untuk kebaikan bangsa dan negara yang kaya raya tapi salah kelola.

Sebagai relawan Anies Rasyid Baswedan yang dulunya relawan Prabowo-Sandi yang tergabung dalam JAMIL PAS (Jawa Barat Memilih Prabowo-Sandi). JABAR MANIES membawa pesan perubahan dan pesan mempersatukan. Idealis memang.

Sisa-sisa Pilpres 2014 dan 2019 membuat sesak dada semua anak bangsa. Keterbelahan bangsa sudah sangat memprihatinkan. Bergabungnya Prabowo-Sandi dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin tidak menghentikan keterbelahan bangsa. Idealnya bergabungnya Prabowo-Sandi masalah keterbelahan bangsa selesai. Nyatanya makin mengangah.

Sedikitpun kami tidak kecewa karena sedari awal kami ikhlas mendukung Prabowo-Sandi. Bergabungnya Prabowo-Sandi dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin sudah takdir. Qadarullah wa maa syaa’a fa’ala (Allah telah menakdirkannya, dan apa yang Dia kehendaki Dia Perbuat).

Politik itu pilihan. Tidak harus ngotot-ngototan apalagi saling menjatuhkan bila pilihan politik berbeda. Nikmati dengan enjoy.

Istilah cebong dan kampret memang sudah tidak ada lagi. Sayangnya, ada pihak-pihak tertentu yang sengaja merawat dan memproduksi isu-isu perpecahan bangsa dengan dana unlimited.

Kami meyakini hanya Anies Rasyid Baswedan yang bisa memberikan solusi kebangsaan soal ini dan soal lainnya. Jakarta telah membuktikannya. Itulah mengapa Kami Bersama Anies Baswedan.

JABAR MANIES selain concern dengan gagasan dan upaya mempersatukan sesama anak bangsa khususnya di Jawa Barat. Persis dengan pesan Anies Rasyid Baswedan kepada JABAR MANIES dan semua simpul relawan Anies; “Merangkul sebanyak-banyaknya semua kalangan tanpa memukul orang yang berbeda pilihan politik.” Pesan yang mempersatukan bukan memecah belah.

Melalui misi besar itu, JABAR MANIES bertemu beberapa Tokoh Jawa Barat bahkan Tokoh Nasional dari berbagai lintas etnis, lintas agama dan lintas golongan sebagai ikhtiar mempersatukan dalam barisan perubahan bersama tokoh perubahan, Anies Rasyid Baswedan. Merangkul semuanya dalam satu tagline, “Kita Bersama Anies Baswedan”

Perjuangan JABAR MANIES masih panjang. Penuh tantangan dan ujian. Hanya satu kata, JABAR MANIES ingin menang. Jawa Barat kita ikhtiarkan bersama minimal 75 persen suara untuk Anies Rasyid Baswedan. Bisa? Sabisa-bisa, kudu bisa, pasti bisa (Sebisa mungkin harus bisa dan yakin pasti bisa), Insyaallah.

Bandung, 18 Jumadil Ula 1444/12 Desember 2022
Tarmidzi Yusuf, Ketua Umum JABAR MANIES