News  

Charta Politika: Hanya Duet Prabowo dan Ganjar Yang Bisa Kalahkan Anies Baswedan

Menjelang tahun politik 2024, elektabilitas sejumlah tokoh nasional makin menjadi perhatian publik. Beberapa nama tokoh makin muncul mengenalkan diri sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Beberapa nama yang makin sering diunggulkan yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan sejumlah nama-nama tokoh nasional lainnya.

Berdasarkan hasil survei terbaru, Charta Politika Indonesia mengungkapkan hanya duet calon presiden dan wakil presiden (wapres) pada Pilpres 2024 yang satu ini akan memenangkan dalam satu putaran.

Adapun calon presiden dan wakil presiden yang dimaksud ialah elektabilitas duet Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang mencapai 45,3 persen. Dengan demikian, dengan satu putaran maka pasangan ini akan mampu menenangkan Pilpres 2024 satu putaran.

Dengan demikian, duet ini pun berarti bisa memenangkan sosok Anies Baswedan meski dipasangakan dengan wakil lainnya.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya mengungkapkan duet kedua tokoh itu berpotensi membuat pilpres 2024 berlangsung satu putaran.

“Ada kecenderungan apabila Ganjar Pranowo bersanding dengan Prabowo Subianto, mereka berpotensi menang satu putaran,” ujar Yunarto melansir wartaekonomi.com-jaringan Suara.com.

Meski demikian, Yunarto berkata pihaknya belum dapat menyimpulkan apakah duet antara Ganjar yang merupakan kader PDIP dengan Prabowo yang saat ini merupakan Ketum Gerindra.

“Saya pikir mungkin butuh analisis lebih mendalam secara politik terkait dengan berbagai kepentingan partai masing-masing capres dan tentu saja ego terkait dengan pemilih partai,” ujarnya.

Dalam survei ini diketahui bahwa Ganjar Pranowo berada di posisi teratas dalam simulai tiga nama calon dengan elektabilitas mencapai 37 persen. baru diikuti Anies Baswedan (29,2 persen) dan Prabowo Subianto (26,1 persen).

Survei Charta Politika Indonesia diselenggarakan pada 8-16 Desember 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 orang minimal berusia 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,82 persen.

Anies Baswedan pun kekinian sudah melakukan perjalanan kunjungan safari ke sejumlah daerah. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun sudah mendatangi wilayah paling barat Indonesia, yakni Aceh, Sumatera Barat, dan Riau. Setelahnya Anies pun ke sudah mengunjungi Papua dan Sulawesi Selatan (Sumber).