News  

MUI Tegur Polresta Malang Pakaikan Peci ke Maling Residivis

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis menegur akun Twitter, Polresta Malang Kota. Hal itu setelah akun @polrestamakota mengunggah maling yang tertangkap, tapi ditampilkan ke publik dengan memakai peci.

Cholil pun heran dan mempertanyakan tindakan aparat yang memakaikan peci kepada pelaku kejahatan. Hal itu karena peci identik dengan atribut umat Islam.

Baca: Merasa Ditipu Perempuan yang Dikenal di Tinder, AM Lapor Polrestro Jaksel

“Memang kopyah tak ada agamanya, tapi itu biasa dipakai umat Islam untuk acara resmi? Ibadah bahkan pulang haji. Ini menimbulkan kesan tak baik kepada atribut Muslim,” katanya lewat akun Twitter, @cholilnafis di Jakarta, Kamis (22/12/2022). Republika.co.id sudah meminta izin untuk mengutip cicitan tersebut.

Cholil pun meminta tindakan itu untuk dievaluasi. Karena itu, ia meminta Menko Polhukam Mahfud MD maupun aparat penegak hukum untuk tidak lagi memakaikan peci untuk pelaku kejahatan laki-laki maupun hijab bagi pelaku kejahatan perempuan, yang beberapa kali terjadi hingga mendapat sorotan masyarakat.

“Tolong Pak @mohmahfudmd, @KejaksaanRI, @DivHumas_Polri, hal seperti ini diperbaiki. Biar tak menimbulkan kesan buruk bagi kami,” ujar Cholil.

Sebelumnya, penyidik Satreskrim Polresta Malang Kota berhasil menciduk pelaku pencurian laptop yang beraksi di sebuah tempat kos perempuan dekat UIN Syarif Maulana Malik Ibrahim, Kota Malang, Jawa Timur. Pelaku dilaporkan mengeluarkan pisau hingga mengancam korban.

Ketika pelaku akan kabur menggunakan sepeda motor, ada yang merekam wajahnya. Video pencurian itu pun viral di lini masa hingga ditindaklanjuti polisi.

“Pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan resmi dinyatakan TERTANGKAP, ker. Tetap selalu berhati-hati dan jangan sungkan untuk mengubungi kami jika membutuhkan bantuan. #PresisiMengabdiMelayani,”

demikian keterangan Polresta Malang Kota sembari mengunggah foto pencuri memakai peci putih.(Sumber)