Tinggalkan Pelatnas PBSI, 3 Pebulutangkis Ini Pilih Nikah Muda

Tiga pebulutangkis berparas cantik ini memilih jalan hidup untuk menikah muda usai hengkang dari tim nasional Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Mereka adalah Jauza Fadhila Sugiarto, Tania Oktaviani Kusumah, dan Yulfira Barkah. Mari intip kisah mereka satu per satu.

1. Jauza Fadhila Sugiarto

Putri kandung legenda Icuk Sugiarto, yakni Jauza Fadhila Sugiarto, lahir di Jakarta, 16 April 1999. Dia telah mencintai bulutangkis sejak masa kecil dari sang ayah dan kakaknya, Tommy Sugiarto.

Ketekunan dan kerja kerasnya sebagai atlet bulutangkis, mengantarkan Jauza menjadi anggota pelatnas PBSI serta menyabet dua medali berturut-turut di kejuaraan dunia junior.

Jauza Fadhila Sugiarto menyabet medali perunggu saat berpasangan dengan Yulfira Barkah pada kejuaraan Dunia Junior 2016, serta medali perak di edisi 2017 bersama Ribka Sugiarto.

Namun dua tahun berada di pelatnas, Jauza Fadhila Sugiarto memutuskan untuk hengkang dari PBSI dengan sejumlah pertimbangan pada Rabu (20/11/19) silam.

Usai tak di PBSI, Jauza memilih pensiun dini dan menikah dengan pebulutangkis tunggal putra, Panji Akbar pada Jumat (26/02/21).

Jauza Fadhila Sugiarto dan Panji Akbar kemudian tinggal di California, dan telah dikaruniai seorang pturi cantik bernama Xaviera Aurora yang lahir pada Rabu (04/05/22).

Kini, dua mantan pebulutangkis pelatnas PBSI tersebut tampak mesra menjalani kehidupan rumah tangga bersama di California, Amerika Serikat.

Seperti saat Jauza Fadhila Sugiarto dan Panji Akbar mengajak buah hati berwisata di musim gugur pada medio Oktober 2022 lalu.

“Edisi musim gugur,” tulis Jauza Fadilla Sugiarto.

2. Tania Oktaviani Kusumah

Lahir di Bandung, 13 Oktober 1998, pebulutangkis Tania Oktaviani Kusumah adalah pemain spesialis ganda putri dan telah berlatih di klub Djarum sejak 2010.

Singkat cerita, rentetan prestasi membuat Tania Oktaviani Kusuma digaet menjadi bagian tim nasional PBSI untuk sektor ganda putri.

Salah satu yang gemilang adalah saat dia menjadi juara Indonesia International 2018 bersama Vania Arianti Sukoco, serta menjadi juara Russian Open 2019 bersama Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Namun di balik rentetan prestasinya, Tania Oktaviani Kusuma tak pelak dirundung sejumlah kritikan, termasuk saat dia dijatuhi skorsing PBSI akibat tindakan indisipliner pada 2020.

Saat itu Tania Oktaviani Kusuma diskorsing tiga bulan untuk kembali ke klubnya, PB Djarum, per tanggal 15 Juni 2020 saat Susy Susanti masih menjabat sebagai Kabid Binpres PBSI.

Tak lama setelah sanksi skorsing, Tania Oktaviani Kusumah melalui akun instagramnya pada 12 April 2021 mengumumkan bahwa dia sudah tidak lagi menjadi bagian dari anggota pelatnas PBSI.

Dia pun kemudian membuat badminton lovers geger setelah diketahui resmi menikah dengan Rehan Diaz yang juga merupakan mantan pemain bulutangkis klub PB Mutiara Bandung.

Setelah menikah, Tania Oktaviani Kusumah hidup menemani karier suaminya sebagai pelatih bulutangkis di sebuah klub Swiss.

Tania Oktaviani Kusumah dan Rehan Diaz kemudian dikaruniai seorang putra bernama Svargabhumi Putra yang diketahui lahir pada Senin (22/08/22).

“Aku tidak siap untukmu, aku tidak siap untuk menjadi seorang ibu,” tulis Tania Oktaviani Kusuma dengan fotonya menggendong sang putra di ranjang rumah sakit.

“Tapia lam semesta tahu apa yang aku lewatkan, dan akhirnya tahu apa yang aku butuhkan. Aku diberkati denganmu, sahabatku, yang membuatku tetap bertahan.”

“Yang membuatku ingin menjadi lebih baik, dan aku berterima kasih karena aku bisa menghabiskan waktu denganmu,” pungkasnya.

3. Yulfira Barkah

Senada dengan Tania Oktaviani Kusuma dan Jauza Fadhila Sugiarto, mantan pebulutangkis yang putuskan nikah muda adalah Yulfira Barkah.

Lahir pada 4 Februari 1998, Yulfira Barkah adalah pemain bulutangkis dari medan, Sumatra Utara yang berlatih di klub PB Mutiara Cardinal Bandung.

Yulfira Barkah adalah bagian dari tim junior nasional yang memenangi medali perunggu pada Kejuaraan Junior Asia 2015.

Yulfira Barkah juga memenangkan medali perunggu ganda putri pada Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2016 berpasangan dengan Jauza Fadhila Sugiarto.

Naik ke level senior, sebagai pemain nasional PBSI, Yulfira Barkah memenangi gelar internasional pertamanya di Smilling Fish International dan Singapore International 2016 bersama Suci Rizky Andini.

Sempat beberapa kali berganti pasangan, Yulfira Barkah akhirnya berjaya kembali dengan Febby Valencia Dwijayanti Gani saat menjuarai Spain Masters 2021.

Sayangnya, usai meraih kejayaan, Yulfira Barkah dibebat cedera yang membuat namanya hiatus dari berbagai kompetisi .

Dia kemudian dikabarkan mundur dari PBSI sekitar pertengahan 2021 dan kemudian menikah dengan sahabatnya, Ryan Tryando.(Sumber)