Inilah 10 Tokoh Perempuan Partai Golkar Terpopuler Bulan Desember 2022 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia.com

Ketua Komisi I DPR RI yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar, Meutya Hafid sudah menjadi tokoh perempuan Partai Golkar paling populer selama dua bulan berturut berdasar hasil riset Golkarpedia dengan indikator banyaknya pemberitaan pada periode tersebut.

Tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi Meutya Hafid yang menjadi garda terdepan bagi penggalangan opini Partai Golkar. Peran Meutya Hafid pun cukup sentral guna meluaskan amplifikasi bagi Partai Golkar serta Capres Airlangga Hartarto.

Selain cantik, Meutya Hafid yang merupakan mantan penyiar MetroTV ini nyatanya berhasil menunjukkan bahwa kerjanya sebagai Ketua Komisi I DPR RI berhasil menjadi perhatian media dan secara otomatis diperhatikan pula oleh masyarakat. Apalagi sebagai perempuan, bukan hal mudah menghapus stigma dan keraguan publik akan kapasitas kepemimpinannya.

Maklum saja, dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan. Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan Desember 2022 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini.

Nama Meutya Hafid bercokol di urutan pertama berdasar hasil riset Golkarpedia dengan mendapatkan 942 pemberitaan di Desember 2022 dengan reach atau jangkauan mencapai 8,9 juta. Beberapa fokus pemberitaan yang mengulas mengenai Meutya Hafid diantaranya adalah terkait dengan pemberian pangkat Letkol Tituler kepada pesohor Deddy Corbuzier.

Lalu pemberitaan mengenai komentarnya tentang PBB yang mencoba mengintervensi KUHP. Meutya Hafid dalam kapasitasnya mempersilahkan Kemenlu memanggil Perwakilan PBB di Indonesia. Selain itu, ramai pula pemberitaan mengenai Meutya Hafid terkait proses pergantian Panglima TNI dari Andika Perkasa ke Yudo Margono.

Melesat di urutan kedua ada nama Ketua IIPG Lampung yang juga istri dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, ia adalah Riana Sari Arinal. Riana Sari Arinal berhasil menempati urutan nomor dua setelah mendapatkan jumlah sebanyak 278 pemberitaan di bulan Desember 2022. Jangkauan pemberitaan yang dimiliki Riana Sari Arinal adalah sebesar 234.940 reach.

Pemberitaan mengenai Riana Sari Arinal antara lain terkait dengan Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Provinsi Lampung yang dipimpinnya mendapat medali emas dalam kejuaraan nasional Drumband di Jawa Timur. Lalu pemberitaan mengenai kunjungan Riana Sari Arinal selaku Ketua Tim Penggerak PKK Lampung ke Lapas Perempuan Bandar Lampung dalam rangka merayakan Hari Ibu.

Tempat ketiga ditempati oleh Bupati Serang yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Di bulan Desember 2022 ini, Ratu Tatu Chasanah memiliki pemberitaan sebanyak 230 berita dan reach sebesar 902.764 jangkauan.

Pemberitaan yang mendapat sorotan paling besar dari Ratu Tatu Chasanah adalah catatan akhir tahun kepemimpinannya sebagai Bupati Serang yang mendapat sorotan dari berbagai kalangan seperti pengamat, maupun pegiat sosial di Banten. Selain itu, ada pula imbauan Ratu Tatu Chasanah kepada masyarakat Banten dan Serang agar jangan merayakan tahun baru secara berlebihan.

Tempat keempat ada nama Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Bupati cantik Indah Putri Indriani untuk bulan Desember 2022 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 213 berita dengan cakupan reach sebesar 722.591 juta jangkauan.

Selanjutnya, nomor lima dipegang oleh anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan. Legislator Partai Golkar dari Dapil Kepulauan Riau itu memiliki pemberitaan sebanyak 195 berita dan reach sebesar 402.981 jangkauan.

Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq berada di urutan selanjutnya, untuk periode Desember 2022 ia memiliki pemberitaan sebanyak 174 berita dan mendapat reach sebesar 1,4 juta jangkauan. Tempat ketujuh diisi oleh Ketua Umum KPPG, Airin Rachmi Diany. Perempuan yang kini sedang berfokus dalam pencalonan Gubernur Banten ini memiliki pemberitaan sebanyak 171 berita dengan reach mencapai 888.374 jangkauan.

Kedelapan ada nama mantan pesohor negeri yang kini duduk di Komisi I DPR RI, Nurul Arifin. Ia memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 156 berita dan mendapat 1,2 juta jangkauan.

Peringkat sembilan ada nama Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian. Anggota DPR RI dari Kalimantan Timur ini memiliki pemberitaan sebanyak 154 berita dan reach sebesar 2,1 juta jangkauan.

Terakhir, peringkat sepuluh ditempati oleh Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani. Legislator Partai Golkar asal DKI Jakarta ini mendapatkan pemberitaan sebanyak 123 berita selama periode Desember 2022 dan memiliki reach sebesar 1,1 juta jangkauan.

Demikianlah 10 besar tokoh perempuan Partai Golkar terpopuler Desember 2022. Terkait dengan metode pengumpulan data, kami menggunakan tools monitoring media yang mengumpulkan data pemberitaan bulan Desember 2022.

Selain itu, sepuluh besar ini juga merupakan hasil tracing serta eliminasi nama tokoh lain yang tidak masuk karena alasan jumlah pemberitaan lebih sedikit daripada yang berada di ranking 10 besar.

Dengan terangkumnya sepuluh besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan Desember 2022, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak.

Berikut daftar lengkap politisi perempuan Partai Golkar terpopuler untuk periode Desember 2022:

Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
942 pemberitaan
Reach: 8,9 juta jangkauan

Riana Sari Arinal
Ketua IIPG Lampung
278 pemberitaan
Reach: 234.940 jangkauan

Ratu Tatu Chasanah
Bupati Serang
230 pemberitaan
Reach: 902.764 jangkauan

Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara
213 pemberitaan
Reach: 722.591 jangkauan

Cen Sui Lan
Anggota Komisi V DPR RI
195 pemberitaan
Reach: 402.981 jangkauan

Fadia Arafiq
Bupati Pekalongan
174 pemberitaan
Reach: 1,4 juta jangkauan

Airin Rachmi Diany
Ketua Umum KPPG
171 pemberitaan
Reach: 888.374 jangkauan

Nurul Arifin
Anggota Komisi I DPR RI
156 pemberitaan
Reach: 2,1 juta jangkauan

Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI
154 pemberitaan
Reach: 2,1 juta jangkauan

Christina Aryani
Anggota Komisi I DPR RI
123 pemberitaan
Reach: 1,1 juta jangkauan {golkarpedia}