Tampil Impresif, Brighton & Hove Albion Hantam Liverpool 3 Gol Tanpa Balas

Soccer Football - Premier League - Brighton & Hove Albion v Liverpool - The American Express Community Stadium, Brighton, Britain - January 14, 2023 Brighton & Hove Albion's Solly March celebrates scoring their first goal with teammates REUTERS/Toby Melville EDITORIAL USE ONLY. No use with unauthorized audio, video, data, fixture lists, club/league logos or 'live' services. Online in-match use limited to 75 images, no video emulation. No use in betting, games or single club /league/player publications. Please contact your account representative for further details.

HASIL Brighton & Hove Albion di Liga Inggris 2022-2023 akan diulas dalam artikel ini. Bertanding di American Express Community Stadium pada Sabtu (14/1/2023) malam WIB, Brighton mampu tampil impresif hingga membungkam Liverpool dengan skor 3-0.

Sejak awal laga, tim tuan rumah memang menguasai jalannya pertandingan. Namun, tiga gol Brighton baru tercipta di babak kedua lewat brace Solly March (46’ dan 53’) serta tembakan keras Danny Welbeck pada menit ke-81.

Kemenangan itu membuat Brighton merangsek ke posisi ketujuh dengan koleksi 30 poin. Sementara The Reds (julukan Liverpool) turun ke posisi kedelapan dengan raihan 28 poin.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Mengawali babak pertama, Brighton tampil menekan dengan serangan cepat yang dikomandoi Mac Allister. Selain itu, penampilan Moises Caicedo dan Adam Lallana sangat merepotkan sisi sayap Liverpool.

Peluang emas langsung tercipta untuk Brighton pada menit ke-8. Mac Allister menampilkan skill individu hingga mengecoh kiper Alisson Becker di sisi kanan penyerangan, sayang tendangan akhirnya masih bisa diblok Trent-Alexander Arnold di garis gawang.

Dalam 20 menit awal, pertahanan Liverpool ekstra sibuk. Di antaranya menghalau cutting inside yang kerap dilakukan Solly March dari sisi kanan.

Serangan cepat Brighton membuat pertahanan Liverpool harus melakukan pelanggaran untuk menghentikannya. Salah satunya sampai berbuah kartu kuning bagi Joel Matip.

Liverpool akhirnya mendapatkan serangan pertama pada menit ke-23. Berawal dari serangan Oxlade-Chamberlain mengoper ke Mohamed Salah di sisi berlawanan, diteruskan ke Cody Gakpo di kotak penalti. Namun sudah lebih dulu terjebak offside.

Peluang berikutnya terjadi empat menit kemudian. Henderson melepaskan umpan ke kotak penalti dan hampir disambut dengan sundulan Salah, tapi pemain Mesir itu dijatuhkan walau tak berujung penalti.

Tak bisa menembus Liverpool dari sisi kanan, Broghton mengarahkan ke sayap kiri. Kali ini Mitoma mencoba melakukan penetrasi ke kotak penalti lawan. Tapi bola masih bisa diselamatkan.

Wasit menunjuk titik putih untuk Brighton setelah Mac Allister dijatuhkan Allison pada menit ke 42. Namun wasit merevisi keputusannya setelah melihat VAR.

Babak Kedua

Liverpool memainkan bola dari bawah, tapi Brighton menekan cepat dari atas. Kepanikan terjadi di lini belakang Liverpool dengan Joel Matip kehilangan bola setelah operannya diintersep Mac Allister.

Dari situ, Allister mengoper ke Lallana seiringan dengan Mitoma juga ikut naik. Bola diniatkan dioper ke Mitoma tapi Solly March mendahuluinya untuk kemudian menjebol gawang Alisson. Skor 1-0 untuk tuan rumah di menit ke-46.

Berselang delapan menit, March mencetak gol keduanya. Berawal dari terobosan Ferguson menuju kotak penalti, March menyambutnya dengan tendangan mengarah ke kanan bawah gawang. Skor 2-0 untuk Brighton.

Unggul dua gol membuat Brighton tampil di atas angin. Mereka justru semakin gencar melancarkan serangan yang berbuah tendangan tepat sasaran.

Liverpool melakukan perombakan formasi dengan menggantikan sejumlah pemain. Dari sini mereka mulai memegang permainan. Umpan-umpah Thiago semakin terarah menuju Cody Gakpo.

Namun dengan begitu, mereka meninggalkan celah terutama dari bola mati. Pada menit ke-81, lemparan ke dalam Gross menuju kotak penalti, disambut March untuk kemudian dioper ke Danny Welbeck dan dikonversikan menjadi gol. Skor 3-0 untuk tuan rumah.

Berkali-kali Liverpool berjuang untuk setidaknya menipiskan ketinggalan. Mereka tidak bisa memaksimalkan itu semua sehingga kedudukan tetap 0-3 untuk kekalahan Tthe Reds.

Susunan Pemain Brighton vs Liverpool:

BRIGHTON (4-2-3-1): Robert Sanchez; Pascal Gross, Lewis Dunk, Levi Colwill, Pervis Estupinan; Moises Caicedo, Alexis Mac Allister; Solly March, Adam Lallana, Kaoru Mitoma; Evan Ferguson

Cadangan: Tariq Lamptey, Adam Webster, Danny Welbeck, Jeremy Sarmiento, Deniz Undav, Jason Steele, Billy Gilmour, Jan-Paul van Hecke, Joel Veltman

Pelatih: Roberto de Zerbi

LIVERPOOL (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Ibrahima Konate, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Thiago; Mohamed Salah, Cody Gakpo, Alex Oxlade Chamberlain

Cadangan: Joe Gomez, James Milner, Naby Keita, Curtis Jones, Harvey Elliott, Konstantinos Tsimikas, Fabio Carvalho, Ben Doak, Caoimhin Kelleher

Pelatih: Jurgen Klopp.(Sumber)