Suzuki Ecstar Bubar, Repsol Honda Coba Dekati Eks Teknisinya Ken Kawauchi

Bubarnya Suzuki Ecstar di akhir MotoGP 2022 benar-benar dimanfaatkan oleh tim Repsol Honda. Setelah merekrut dua mantan pembalapnya, yakni Joan Mir dan Alex Rins, Honda dikabarkan tertarik merekrut eks Teknisi Suzuki, Ken Kawauchi.

Honda baru saja menjalani salah satu musim terburuknya. Pasalnya, mereka menjadi satu-satunya pabrikan yang gagal merebut kemenangan pada MotoGP 2022.

Prestasi terbaik Honda hanya membukukan dua podium saja dari 20 balapan. Antara lain saat Pol Espargaro merebut podium ketiga di MotoGP Qatar, serta Marc Marquez yang mengakhiri MotoGP Australia di peringkat kedua.

Honda sendiri terus bekerja keras dalam mengembangkan motor. Tak hanya dalam segi teknis, mereka juga merombak sejumlah personel yang ada di dalam timnya, dalam membantu pengembangan motor.

Seperti dikabarkan Paddock GP, Senin (16/1/2023), Honda bakal berusaha merekrut beberapa personel baru. Termasuk salah satunya mantan direktur teknis Suzuki, Ken Kawauchi.

Peran Kawauchi memang begitu vital dalam pengembangan motor Suzuki GSX-RR. Hasilnya, mereka mampu menjadi juara dunia MotoGP 2020 silam, bersama Joan Mir

Namun, tim MotoGP Suzuki sekarang sudah resmi mundur. Kawauchi pun menganggur, sehingga Honda berusaha untuk merekrut Kawauchi dalam membantu pengembangan motor.

Kedatangan Kawauchi pun menjadi langkah terbaru Honda. Sebelumnya, pabrikan asal Jepang tersebut juga merombak beberapa susunan kepala kru mekanik yang menemani para pembalap.(Sumber)