3 Pebulutangkis Keturunan Indonesia Yang Bela Negara Lain di Indonesia Masters 2023

ADA 3 pebulu tangkis keturunan Indonesia yang bela negara lain di Indonesia Masters 2023. Salah satunya bermain untuk negara Eropa, yaitu Belgia.

Sekadar diketahui kembali, perhelatan Indonesia Masters 2023 sudah berlangsung sejak 24 Januari 2023. Nantinya, partai final Indonesia Masters 2023 bakal tersaji pada 29 Januari mendatang di Istora Senayan, Jakarta.

Saat ini Indonesia Masters 2023 sudah memasuki babak utama alias 32 besar. Para pebulu tangkis dari berbagai belahan dunia pun saling berjibaku demi menjadi kampiun di turnamen level 500 ini.

Dari banyaknya pebulu tangkis, ternyata ada tiga pebulu tangkis keturunan Indonesia, yang membela negara lain. Lantas, siapa saja mereka?

Berikut 3 pebulu tangkis keturunan Indonesia yang bela negara lain di Indonesia Masters 2023:

3. Nyl Yakura (Kanada)

Nyl Yakura

3 pebulu tangkis keturunan Indonesia yang bela negara lain di Indonesia Masters 2023 dimulai dari Nyl Yakura. Ya, Nyl Yakura diketahui memiliki darah Indonesia sang ibu.

Sementara itu, pebulu tangkis 29 tahun ini punya ayah yang berasal dari Jepang. Meski begitu, Nyl Yakura lahir dan besar di Kanada.

Sebab demikian, ia banyak menghabiskan hidupnya di Kanada. Bahkan, di tempat kelahirannya ia berkembang menjadi atlet bulu tangkis.

Di Indonesia Masters 2022, Nyl Yakura main di nomor ganda putra bersama Adam Dong. Sayangnya, mereka harus tersisih di babak kualifikasi usai dihajar wakil Malaysia, Xin Yuan Boon/Tien Ci Wong dalam dua gim, 15-21 dan 19-21.

2. Jones Ralfy Jansen (Jerman)

Jones Ralfy Jansen

berbeda dari Nyl Yakura, Jones Ralfy Jansen merupakan pebulu tangkis keturunan Indonesia, yang lahir di Jakarta. Pebulu tangkis 30 tahun ini merupakan jebolan PB Djarum, yang sempat mewakili Indonesia di sejumlah turnamen.

Akan tetapi, pada 2012 ia ikut ke Jerman bersama sang kakak. Kemudian pada 2017, Rafly akhirnya mendapat status warga negara Jerman. Sejak itu, ia bermain untuk Jerman di sejumlah nomor.

Sementara di Indonesia Masters 2023, Rafly turun membela Jerman di nomor ganda campuran bersama Linda Efler. Ia akan memulai kiprahnya di Indonesia Masters 2023 di babak 32 besar menghadapi wakil Malaysia Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

1. Lianne Tan (Belgia)

Lianne Tan

Di urutan pertama ada Lianne Tan, pebulu tangkis keturunan Indonesia yang bela negara lain di Indonesia Masters 2023. Atlet berusia 32 tahun ini punya darah Indonesia yang berasal dari sang ayah.

Diketahui, ayah Lianne Tan merupakan orang asli Bandung. Sementara ibunya merupakan orang Belgia. Sedangkan Lianne Tan sendiri lahir dan besar di Belgia.

Kendati tak bisa membela negara sendiri, ambisinya untuk berprestasi di bidang bulu tangkis tersalurkan di Belgia. Di Indonesia Masters 2023 ia pun datang ke Jakarta sebagai wakil Belgia.

Namun sayang kiprah Lianne Tan harus berhenti lebih dini. Ia gagal tembus babak 32 besar usai disingkirkan wakil Indonesia, Putri Kusuma Wardani (Putri KW) di babak kualifikasi dalam dua gim, 12-21 dan 17-21.(Sumber)