Airlangga Hartarto Jadi Capres Unggulan Pilihan Puluhan Ribu Relawan Jokowi se-Indonesia

Musyawarah Rakyat (Musra) ke-14 relawan Jokowi di Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menempatkan bakal calon presiden dari Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai pilihan teratas. Ketua Panitia Musra ke-14 Kalsel, Panel Barus menuturkan, nama-nama teratas yang dipilih relawan Jokowi masih didominasi tiga nama.

Yakni, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Di Musra ke-14 Kalsel, tiga nama ini juga kembali banyak dipilih untuk bisa menggantikan Presiden Jokowi di periode mendatang.

“Yang banyak menang itu, yang cukup konsisten di posisi atas, ada Pak Airlangga (Hartarto), Ganjar (Pranowo) dan Prabowo (Subianto), dan ada Pak Jokowi juga. Relatif yang di atas ya tiga nama itu, Ganjar, Airlangga dan Prabowo,” tutur Panel Barus dalam keterangan, Kamis (26/1/2023).

Barus menambahkan, seharusnya Musra yang digelar relawan Jokowi sudah memasuki gelaran ke-15. Namun, Musra ke-15 di papua terpaksa ditunda hingga 25 Februari mendatang. Barus menegaskan, hingga meskipun jumlah responden di tiap wilayah penyelenggaraan Musra berbeda, tetapi tiga nama tersebut menjadi langganan teratas.

Hasil Musra ke-14, Airlangga dipilih sebanyak 430 suara (21,12 persen), disusul Prabowo dengan 419 suara (20,58 persen). Sementara, nama Ganjar berada di urutan ketiga dengan keterpilihan 363 (17,83 persen). Di bawah Ganjar secara berurutan muncul nama Moeldoko 309 suara (15,17 persen), Mahfud MD 216 suara (10,61 persen), Anies Baswedan 115 suara (5,65 persen), hingga Ridwan Kamil dengan 80 suara atau 3,93 persen.

Barus mengatakan, setelah Musra ke-18 nantinya, akan dibuat rekapitulasi suara sementara untuk capres yang diingin kan relawan Jokowi. “Nanti ujungnya, saat penutupan Musra, hasilnya akan kami serahkan ke Pak Presiden (Jokowi). Baik capres dan cawapres, termasuk hasil e-vote mengenai isu-isu kebangsaan dan lain-lain,” ujar Panel Barus.

Berdasarkan jajak pendapat di Musra Kalsel, kriteria dan karakter capres yang paling diinginkan relawan Jokowi adalah sosok yang berani, tegas, dan berwibawa (36,69 persen). Dalam Musra ke-14 di Kalsel, relawan yang menjadi responden yakni sebanyak 2.036 orang.

Sementara, Musra di Kalsel juga menemukan, bahwa program terkait lapangan kerja menjadi program yang mendominasi harapan peserta. Yakni sebesar 48 persen dari seluruh peserta menempatkan program lapangan kerja menjadi isu paling prioritas yang harus diselesaikan. Setelah soal lapangan kerja, program prioritas selanjutnya yakni, pendidikan, upah, dan daya beli, serta kesehatan. {golkarpedia}