News  

11 Ribu ASN Diprioritaskan Pindah ke IKN Tahun 2024

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebut, akan ada 11 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) baru di Nusantara, Kalimantan Timur. Para ASN yang pindah pertama ini akan mengisi lokasi-lokasi prioritas terlebih dahulu.

“Jadi kemarin ada beberapa exercise, yang terakhir disesuaikan dengan tempat dan lokasi ini kurang lebih ada 11 ribu yang akan ditargetkan,” kata Anas saat ditemui di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Senin (30/1).

Hanya saja, jumlah ini masih belum mendapat restu dari Presiden Joko Widodo karena baru akan dibahas di rapat kabinet siang ini. Meski demikian, hanya ASN prioritas yang terlebih dahulu pindah ke IKN, seperti ASN dari Kementerian Keuangan, Kementerian PAN-RB dan Kementerian Dalam Negeri.

“Tidak semua kementerian akan pindah tapi terkait dengan deputi-deputi atau mereka yang memiliki tugas inti,” kata Anas.

Dia menambahkan, sistem pemerintah ke depan akan mengedepankan digitalisasi. Sehingga ASN yang bekerja bisa lebih nyaman dengan suasana asri di IKN Nusantara. “Nanti sistemnya akan lebih digital dan tempatnya akan lebih nyaman, hijau dan akan lebih green,” pungkasnya. (Sumber)