3 Negara Yang Bakal Diundang Mundur Dari Piala Merdeka 2023, Permalukan Malaysia?

SETELAH Thailand, 3 negara ini bakal mundur dan bikin malu Malaysia selaku penyelenggara Piala Merdeka 2023? Sebelumnya dalam sebuah wawancara, Ketua Komite Kompetisi Federasi Sepakbola Malaysia (FAM), Mohd Firdaus Mohamed, berencana mengundang tiga negara untuk ambil bagian di Piala Merdeka 2023 yang kemungkinan digelar pada September 2023.

Dari tiga negara yang diundang, dua di antaranya merupakan raksasa Asia Tenggara, yakni Thailand dan Vietnam. Sementara itu satu slot lagi bakal diisi salah satu dari dua negara Asia Barat, yakni Suriah dan Palestina.

 

Timnas Thailand

(Timnas Thailand menolak tampil di Piala Merdeka 2023)

Namun, belum juga melempar undangan resmi, Malaysia sudah ditolak Thailand. Sekjen Federasi Sepakbola Thailand (FAT), Patit Suphaphongs, memastikan Thailand absen di Piala Merdeka 2023. Sebab, di bulan yang sama Thailand akan menggelar Piala Raja 2023.

“Sekretaris Jenderal Federasi Sepakbola Thailand (FAT), Patit Suphaphongs menegaskan Thailand tidak akan menghadiri Piala Merdeka yang diadakan di Malaysia pada September. Pasalnya, saat ini Thailand berencana menggelar turnamen tahunan, Kings Cup 2023,” tulis @theaseanfootball.

Bagaimana dengan Suriah dan Palestina? Dua peserta Piala Asia 2023 ini juga belum memberikan konfirmasi apakah ambil bagian di Piala Merdeka 2023 atau tidak.

Sementara Vietnam, ada peluang mengikuti jejak Thailand. Berkaca pada FIFA Matchday September 2022, Vietnam lebih memilih menggelar turnamen sendiri, meski saat itu diundang tampil di Piala Raja 2022.

Saat itu, Vietnam mengundang India dan Singapura dalam turnamen segitiga. Hasilnya Vietnam keluar sebagai juara setelah mengalahkan India dan Singapura.

Timnas Vietnam

Karena itu, jika keempat negara di atas yang diundang menolak tampil di Piala Merdeka 2023, FAM tentunya malu bukan kepalang. Sebab, tim-tim di atas enggan tampil di turnamen yang vakum digelar sejak 2013 tersebut.

Melihat kondisi di atas, akankah FAM berpindah haluan dengan mengundanng Timnas Indonesia? Skuad Garuda diprediksi bakal menolak jika mendapat tawaran.

Sebab, Timnas Indonesia intens mencari lawan kuat di setiap FIFA Matchday. Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, baru-baru ini memastikan Timnas Indonesia bakal bersua tim peringkat 80an dunia di FIFA Matchday Maret 2023.(Sumber)