News  

Ikhwan Arif: PKS Berani Rayu Golkar Karena KIB Belum Final Usung Capres-Cawapres

Safari politik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ke Partai Golkar tidak lepas dari status Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang belum resmi mengusung bakal Capres 2024.

PKS yang tergabung dalam Koalisi Perubahan bersama Nasdem dan Demokrat berupaya menawarkan bakal capres pilihan mereka, Anies Baswedan dan merayu Golkar untuk merapat.

“Poros perubahan lebih terbuka terhadap KIB karena belum mendeklarasikan bakal capres. Golkar sendiri tercatat sebagai partai terbesar di KIB,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Power, Ikhwan Arif kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (8/2).

Ikhwan menuturkan, pemilihan penjajakan kepada Golkar juga bukan berbasis suara semata. Mereka juga melihat dari kondisi koalisi.

Saat ini, hanya KIB yang terlihat belum mempunyai kandidat kuat capres-cawapres sehingga Koalisi Perubahan lebih leluasa melobi partai di KIB.

“Poros perubahan mampu membaca partai politik di KIB yang kemungkinan besar bisa diajak berkoalisi. Golkar terbuka dengan koalisi, sedangkan PAN dan PPP dalam deklarasi nominasi nama-nama capres tidak pernah menyebutkan nama Anies,” demikian Ikhwan.(Sumber)