Ini Daftar 7 Negara Pendiri FIFA

SIAPA saja negara pendiri FIFA? Negara pendiri FIFA dalam sejarahnya ada tujuh negara yaitu Belgia, Denmark, Prancis, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

FIFA sendiri merupakan kepanjangan dari Federation Internationale de Football Association (bahasa Prancis) atau dalam bahasa Indonesianya Federasi Sepakbola Internasional. FIFA merupakan badan pengendali internasional atau induk yang memayungi segala organisasi sepakbola di dunia.

Hingga kini, FIFA bermarkas di Zurich, Swiss dengan memiliki 211 anggota asosiasi. FIFA sendiri didirikan di Paris pada 21 Mei 1904 dan telah merayakan hari jadinya yang ke-100 pada 2004.

Pendirian FIFA awalnya dipelopori oleh wartawan olahraga Robert Guerin yang juga terpilih menjadi presiden FIFA pertama menjabat selama 2 tahun pada 1904-1906. Robert Guerin saat itu sering terlibat dalam aktivitas sepakbola karena profesinya.

Lalu Robert Guerin berinisiatif mengumpulkan 7 asosiasi sepakbola di Eropa untuk membuat Undang-Undang Dasar dan statuta FIFA. Ketujuh asosiasi tersebut adalah Belgia, Denmark, Perancis, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Kemudian, ketujuh negara asosiasi itu menyepakati Undang-Undang Dasar Organisasi, dan statuta FIFA yang pertama. Alhasil, terbentuklah FIFA yang menjadi induk organisasi sepakbola seluruh dunia.

Sementara itu, tujuan utama dibentuknya FIFA adalah untuk mempromosikan permainan sepakbola, membina hubungan persahabatan antar asosiasi nasional, menyusun peraturan dan ketentuan sekaligus memastikan penegakannya, serta mengatur sepakbola profesional yang bersifat global.

FIFA juga mengatur transfer pemain antartim, memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA, dan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA setiap bulannya. Selain itu, FIFA juga bertanggungjawab untuk mengembangkan sains keolahragaan dan menyelenggarakan kompetisi sepakbola internasional.

Piala Dunia

Salah satunya adalah Piala Dunia yang FIFA adakan secara rutin setiap 4 tahun sekali sejak tahun 1930. Adapun, Piala Dunia pertama kali digelar oleh FIFA pada tahun 1930 di Uruguay. Pada edisi pertama, hanya ada 13 tim yang berpartisipasi.

Piala Dunia pertama ini diprakarsai oleh Jules Rimet, presiden FIFA ketiga. Ia terinspirasi untuk membuat pertandingan Piala Dunia setelah kesuksesan kompetisi sepak bola di Olimpiade. Sejak saat itulah, Piala Dunia rutin diselenggarakan oleh FIFA setiap 4 tahun sekali. Kecuali pada tahun 1942 dan 1946 karena adanya dampak dari Perang Dunia 2.(Sumber)