Airlangga Hartarto Puncaki Klasemen Daftar Menteri Terpopuler Partai Golkar di Kabinet Indonesia Maju Periode Februari 2023

Ketua Umum Partai Golkar yang sekaligus menjabat sebagai Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menjadi menteri dari Partai Golkar, yang paling banyak mendapat publikasi pemberitaan sepanjang bulan Februari 2023. Partai Golkar sendiri memiliki lima pos menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Pertama tentunya adalah Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian. Ia menjabat sebagai Menko Perekonomian sejak awal kabinet ini terbentuk setelah sebelumnya di Kabinet Kerja, Airlangga Hartarto duduki pos jabatan sebagai Menteri Perindustrian RI. Airlangga Hartarto menjadi tulang punggung perekonomian di dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi atas kapasitas dan kapabilitasnya mengelola ekonomi Indonesia.

Kinerjanya tidak main-main, ia berhasil menstabilkan bahkan tetap menjaga laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di saat negara lain terimbas krisis akibat dari adanya pandemi Covid-19. Untuk bulan Februari 2023, Airlangga Hartarto memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 7.287 berita.

Jumlah tersebut sekaligus menjadikan Airlangga Hartarto sebagai tokoh Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan sepanjang Februari 2023. Figur Airlangga Hartarto bisa dikatakan sebagai Key Opinion Leader utama dari Partai Golkar.

7.287 jumlah pemberitaan yang dimiliki Airlangga Hartarto menghasilkan reach yang sangat besar yakni sebanyak 62,8 juta jangkauan. Selain itu, tone atau sentimen publik pun didominasi oleh reaksi positif. Tercatat, pemberitaan mengenai Airlangga Hartarto mempunyai tone 85,8% positif dan 14,2% negatif.

Pemberitaan terkait Airlangga Hartarto antara lain adalah mengenai daya tarik Partai Golkar yang selalu didekati partai-partai lain menjelang Pemilu 2024. Lalu ada pula keterangan Airlangga Hartarto terkait alasan Partai Golkar menolak sistem Pemilu tertutup. Selanjutnya ada pula respons Airlangga Hartarto mengenai kemungkinan koalisi KIB dengan PKB dan Gerindra.

Sebagai Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mendapat pemberitaan populer dari komentarnya terhadap pembukaan pendaftaran Prakerja 2023 gelombang 48 yang dinanti banyak pihak.

Lalu ada pula pemberitaan mengenai tanggapan Airlangga Hartarto soal pengunduran diri Zainudin Amali sebagai Menpora RI. Ada pula pemberitaan tentang Airlangga Hartarto soal kebijakan memarkir uang di RI untuk mereka yang lakukan ekspor impor.

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar yang paling banyak mendapatkan pemberitaan di posisi selanjutnya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Sepanjang Februari 2023, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Golkar mendapatkan jumlah pemberitaan sebanyak 3.831 pemberitaan dan menghasilkan reach sebesar 36,6 juta jangkauan. Tone yang terbentuk atas pemberitaan Zainudin Amali didominasi sentimen positif, yakni 63,4% positif dan 36,6% negatif.

Pemberitaan mengenai Zainudin Amali didominasi oleh kabar mengenai keterpilihan Zainudin Amali sebagai Waketum PSSI. Selanjutnya, yang tak kalah populer adalah pemberitaan Zainudin Amali mengenai niatnya mengundurkan diri dari jabatan Menpora RI demi duduki jabatan Waketum PSSI. Serta kabar mengenai siapa kader Partai Golkar yang bakal menggantikan posisi Zainudin Amali.

Menteri Kabinet Indonesia Maju dari Partai Golkar ketiga yang mendapatkan publisitas pemberitaan terbesar adalah Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Di Partai Golkar, Luhut Binsar menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat.

Untuk Februari 2023, Luhut Binsar Pandjaitan, mendapatkan publikasi pemberitaan sebesar 837 berita. Berbeda dengan Airlangga Hartarto yang konten pemberitaannya berimbang antara aktivitas di kabinet dan Partai Golkar, pemberitaan mengenai Luhut didominasi kinerjanya sebagai Menko Marves.

Pemberitaan mengenai Luhut Binsar Panjaitan diantaranya adalah mengenai kegiatan Luhut Panjaitan saat mendampingi Presiden Jokowi melakukan groundbreaking PLTA Mentarang. Lalu tanggapan Luhut Panjaitan terkait kerjasama dengan Elon Musk dan pembangunan pabrik Tesla di Indonesia, tetapi Elon Musk lebih memilih membangun pabrik di Malaysia.

837 pemberitaan mengenai Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan tersebut menghasilkan 6,1 juta jangkauan. Tone yang terbentuk terhadap Luhut Binsar Panjaitan di bulan Oktober 2022 didominasi sentimen negatif, yakni sebesar 50,8% untuk tone positif dan 49,2% tone negatif.

Keempat ada nama Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK), yang menjabat sebagai Menteri Perindustrian RI. Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini pada Februari 2023 mendapat 681 pemberitaan. Pemberitaan yang dihasilkan oleh Agus Gumiwang Kartasasmita mencatatkan reach sebesar 4,9 juta jangkauan. Pemberitaan mengenai AGK, didominasi sentimen positif, yakni sebanyak 95,75% tone positif dan 4,25% sentimen negatif.

Pemberitaan mengenai AGK diantaranya adalah mengenai perkembangan soal pemberian insentif kendaraan listrik. Lalu kabar tentang pasokan gas murah untuk industri yang langka. Kemudian pandangan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita terkait industri keramik yang harus mampu memenuhi kebutuhan pembangunan di IKN Nusantara.

Menteri Kabinet Indonesia Maju kelima sekaligus terakhir dari Partai Golkar yang terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan adalah Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. Pada Februari 2023, Ketua Umum AMPI ini mendapatkan 367 pemberitaan. Pemberitaan terhadap Jerry Sambuaga menghasilkan 1,3 juta jangkauan. Tone yang didapat Jerry Sambuaga cukup baik yakni, 97,1% positif, dan 2,9% negatif.

Pemberitaan mengenai Jerry Sambuaga antara lain adalah pengawasan produksi Minyakita yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan RI. Lalu pandangan Jerry Sambuaga mengenai rasa optimisme terhadap pembangunan IKN yang bisa mempercepat perdagangan di luar Jawa dan Sumatera.

Demikianlah 5 menteri dari Partai Golkar yang berkarya di Kabinet Indonesia Maju. Daftar ini bisa berubah pada bulan-bulan berikutnya, tergantung bagaimana kinerja para menteri disorot oleh media pemberitaan. Selamat untuk Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menjadi yang terpopuler untuk bulan Februari 2023. Semoga Airlangga Hartarto semakin dikenal oleh publik dan kinerjanya dirasakan oleh khalayak rakyat Indonesia.

Berikut daftar lengkap kuantitas pemberitaan 5 kader Golkar di Kabinet Indonesia Maju:

1. Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian
Total 7287 Pemberitaan
Reach: 62,8 juta jangkauan
Sentimen: 85,8% positif, 14,2% negatif

2. Zainudin Amali
Menpora RI
Total 3.831 Pemberitaan
Reach: 36,6 juta jangkauan
Sentimen: 63,4% positif, 36,6% negatif

3. Luhut Binsar Panjaitan
Menko Maritim dan Investasi RI
Total 837 Pemberitaan
Reach: 6,1 juta jangkauan
Sentimen: 50,8% positif, 49,2% negatif

4. Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian RI
Total 681 Pemberitaan
Reach: 4,9 juta jangkauan
Sentimen: 95,75% positif, 4,25% negatif

5. Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Perdagangan RI
Total 367 Pemberitaan
Reach: 1,3 juta jangkauan
Sentimen: 97,1% positif, 2,9% negatif {golkarpedia}