News  

Ini 4 Tips Nyaman Berpuasa Bagi Kamu Yang Punya Penyakit Maag

Bagi kamu penderita penyakit maag, jangan khawatir dalam menjalani ibadah puasa. Silakan simak tips berpuasa untuk kamu yang mengidap maag berikut ini, supaya dapat beribadah puasa dan kesehatan lambung tetap terjaga.

Sebelumnya, penyakit maag  bisa jadi menantang karena akan rawan kambuh saat kegiatan puasa. Makanan sahur dan berbuka kurang tepat, dikombinasikan dengan tidak makan siang, memicu terjadinya kambuh ini. Maka dari itu, sederet tips berikut semoga bermanfaat!

1. Konsumsi Obat Maag Sesuai Rekomendasi Dokter 

Tips berpuasa untuk kamu yang mengidap maag pertama, adalah minum obat hasil rekomendasi dokter. Tidak ada salahnya memeriksakan kondisi Anda sebelum menjalankan ibadah puasa. Dokter akan mengetahui benar apa yang dibutuhkan tubuh, sehingga bisa meresepkan obat paling tepat.

Obat maag  biasanya akan diresepkan untuk diminum saat sahur dan setelah berbuka puasa. Jadi, ibadah puasa yang dijalankan bisa lancar dan tidak terhambat oleh resiko kambuh.

2. Makan Dengan Ritme Stabil 

Ketika santap sahur atau berbuka, kendalikan kecepatan makan yang Anda miliki. Kunyah perlahan, dan jangan makan terburu-buru. Makanan yang dikunyah dengan baik akan meringankan kerja lambung, sekaligus memudahkan makanan dicerna.

Otak baru akan mengenali sinyal kenyang yang dikirimkan perut setelah 15 sampai 20 menit, maka dari itu, jangan berlebihan dan jangan terburu-buru saat makan.

3. Jangan Makan Makanan Pedas 

Sudah menjadi pengetahuan umum tentu, bahwa makanan pedas, berminyak, gorengan menjadi pantangan besar untuk penderita asam lambung. Maka dari itu, hindari konsumsi makanan tersebut saat sahur dan berbuka.

4. Jangan Makan dengan Porsi Besar 

Berpuasa tidak berarti Anda harus makan sahur dan berbuka dalam porsi banyak. Alih-alih menambah tenaga, hal ini justru akan membuat organ pencernaan kaget dan bekerja lebih keras. Hal ini bisa memicu penyakit maag kambuh.

Makan dengan porsi normal, namun perhatikan pemilihan makanannya. Pemilihan makanan yang tepat bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama, dan meminimalisir resiko penyakit maag terjadi.

Oke itu tadi 4 tips berpuasa untuk kamu yang memiliki penyakit maag. Semoga bermanfaat dan selamat menjalani ibadah puasa.(Sumber)