News  

Legenda Musik Indonesia, Nomo Koeswoyo Meninggal Dunia

Kabar duka menyelimuti dunia musik Tanah Air setelah salah seorang musisi legendarisnya, Koesnomo (Nomo) Koeswoyo berpulang. Nomo Koeswoyo merupakan perintis grup band legendaris Koes Plus. Ia adalah peletak awal musik Koes Plus ketika masih bernama Koes Bersaudara.

Band itu beranggotakan lima kakak beradik dari keluarga Koeswoyo. Mereka adalah Jon Koeswoyo pada Bass, Tonny Koeswoyo pada gitar, Nomo Koeswoyo pada drum, Yon Koeswoyo pada vokal, dan Yok Koeswoyo pada gitar serta vokal.

Nomo merupakan anggota keluarga Koeswoyo yang paling akhir bergabung dalam grup yang dibentuk saudara-saudaranya ini. Nomo meninggalkan band tersebut pada 1969. Kala itu, ia memilih untuk berkarir di luar bidang musik. Posisinya kemudian digantikan oleh Murry, orang yang berada di luar keanggotaan keluarga klan Koes.

Nomo Koeswoyo meninggal dunia di usia 85 tahun. Menurut penuturan keluarga, Sari Koeswoyo, yang merupakan keponakan dari Nomo Koeswoyo. Pamannya itu meninggal dunia karena faktor usia. Kondisinya memang sudah menurun beberapa waktu belakangan ini.

“Seperti kami tahu kalau pakde saya, Nomo Koeswoyo sudah berumur. Dan beliau sudah sepuh, kami semua bersyukur, beliau tidak berlama-lama sakit, jadi kalau ditanya kronologi seperti apa, om Nomo pergi dengan senyum dan mudah,” begitu tutur Sari Koeswoyo menceritakan kondisi terakhir Nomo Koeswoyo sebelum wafat.

Selain dunia musik yang dilanda kedukaan, keluarga besar Partai Golkar dan redaksi Golkarpedia.com juga mengucapkan turut duka cita yang mendalam. Bagi Partai Golkar, Nomo Koeswoyo bukanlah orang yang teramat jauh, ia adalah kerabat dekat kami.

Nomo Koeswoyo adalah mertua dari politisi senior Partai Golkar, Andi Indra Jakile setelah politisi Partai Golkar asal Sulawesi Selatan itu menikahi putri Nomo Koeswoyo, Chicha Koeswoyo.

Nomo Koeswoyo meninggal dunia pada hari Rabu (15/03/2023) di Magelang, Jawa Tengah. Namun, keluarga menghendaki jenazahnya dibawa ke Jakarta. Nomo Koeswoyo telah dimakamkan pada Kamis (16/03/2023) di TPU Jeruk Purut. Semoga almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan YME dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan ketabahan. {golkarpedia}