Wasit Liga Inggris Diminta Setop Laga Untuk Pemain Muslim Buka Puasa Selama Ramadhan

Para pemain muslim di Liga Inggris bisa mendapat keringanan saat menjalani ibadah puasa Ramadhan di tahun 2023. Sebab, ada kebijakan yang akan membuat mereka bisa berbuka puasa di tengah pertandingan.
Menurut laporan The Athletic, wasit Premier League (divisi teratas Liga Inggris) dan 3 divisi lain di bawahnya telah diminta untuk mengizinkan pemain muslim berbuka puasa di tengah laga selama Ramadhan. Mereka memahami bahwa ada kemungkinan waktu buka puasa bertepatan di tengah pertandingan.
Jadi, ofisial pertandingan di empat divisi sepak bola Inggris kini telah mengeluarkan panduan untuk menggunakan penghentian alami dalam permainan saat waktu berbuka puasa. Ini untuk memungkinkan pemain muslim mengambil air atau gel energi guna mengisi tenaga saat berbuka.
Koordinasi dengan klub sangat dibutuhkan. Wasit telah diminta untuk bekerja sama dengan pihak klub sebelum kick-off guna mengidentifikasi pemain mana yang memerlukan penghentian tersebut.
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, berbicara dengan Ilkay Guendogan dan Riyad Mahrez. Foto: Annegret Hilse/REUTERS
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, berbicara dengan Ilkay Guendogan dan Riyad Mahrez. Foto: Annegret Hilse/REUTERS
Wabil khusus di Premier League, beberapa pemain muslim menjadi andalan klub tertentu. Misalnya antara lain Mohamed Salah dan Ibrahima Konate di Liverpool, N’Golo Kante dan Wesley Fofana di Chelsea, serta Riyad Mahrez dan Ilkay Guendogan di Manchester City.
Pada musim lalu, kapten tim bisa meminta wasit sebelum dan selama pertandingan untuk menghentikan pertandingan pada waktu berbuka puasa. Dan kini, aturan tersebut ditetapkan secara resmi.(Sumber)