News  

Terbongkar! Pencurian Kotak Amal Modus Ganti Stiker QRIS, Ini Kronologisnya

Seorang pria terekam kamera pengawas atau CCTV saat sedang menempelkan stiker berupa QRIS mengatasnamakan pembangunan masjid di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Minggu (9/4/2023) kemarin.

Sekertaris DKM Masjid Nurul Iman, Habibi mengatakan berdasarkan waktu di kamera CCTV pelaku melakukan aksinya sekira pukul 11.00 WIB.

Terbongkarnya kasus pencurian dengan cara menempelkan stiker QRIS di kotak amal, yang mengatasnamakan pembangunan masjid ini bermula ketika Habibi sampai di depan masjid yang berada di lantai 7 Mall Blok M Square tersebut.

“Depan pintu masuk ada QRIS yang mencurigakan saya lihat saya konfirmasi ke teman-teman marbot, apa ada yang izin dan sebagainya memasang stiker tersebut dan saya pastikan mereka tidak ada yang tahu,” kata Habibi, di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Senin (10/4/2023).

Habibi yang curiga kemudian mencoba memindai barcode tersebut. Namun nama rekening yang muncul dari rekenening tersebut bukan atas nama pihak masjid Nurul Iman.

Selain di pintu masuk, stiker sumbangan palsu itu tersebar di beberapa titik. Seperti tiang dan kotak amal yang berada di selasar.

“Saya periksa saya coba scan benar bisa discan dan itu bukan atas nama masjid,” ucapnya.

Habibi mengaku, peristiwa ini baru pertama kali terjadi. Ia juga menegaskan jika wajah terduga pelaku yang tertangkangkap kamera pengawas bukanlah jemaah atau orang yang biasa beribadah di Masjid Nurul Iman.

Habibi menambahkan, dari informasi di media sosial yang diterimanya, modus serupa juga terjadi di beberapa masjid lainnya, di berbagai wilayah Jakarta.

 

“Kita lihat di medsos ada di masjid yang di Kalibata City, Al Azhar, Masjid Nurul Hidayah Pondok Pinang,” ungkapnya.(Sumber)