5 Striker Indonesia Yang Pernah Bobol Gawang Klub-Klub Besar Eropa

DERETAN 5 pemain Indonesia yang ternyata pernah bobol gawang klub-klub Eropa akan diulas pada artikel ini.

Sepakbola merupakan olahraga yang sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, ada banyak tim nasional hingga klub kelas dunia yang berusaha untuk mencoba bertanding di Indonesia.

Timnas Indonesia vs Timnas Uruguay

Sepanjang sejarah ada banyak negara dengan peringkat FIFA atas yang pernah bertanding dengan Timnas Indonesia seperti Uruguay. Selain itu ada pula, klub-klub Eropa yang melakukan uji coba dengan Indonesia seperti halnya AC Milan, Ajax Amsterdam, Bayern Munich, LA Galaxy dan lain sebagainya.

Sebagian besar pertandingan selalu berakhir dengan kekalahan Indonesia. Namun lebih dari itu, Indonesia mampu memberikan perlawanan dan bahkan ada beberapa pemain Indonesia yang sukses mencetak gol ke gawang klub-klub Eropa yang dijaga oleh penjaga gawang kelas wahid.

Berikut adalah deretan 5 pemain Indonesia yang ternyata pernah bobol gawang klub-klub Eropa.

5. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas merupakan sosok striker legendaris Indonesia. Pemain yang kerap disapa Bepe itu pernah mencetak gol ke gawang tim raksasa Jerman, Bayern Munich. Momen itu terjadi ketika Bayern Munich memilih Indonesia sebagai salah satu negara yang dikunjunginya dalam tur Asia.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, skuad Bayern berhasil menang besar atas Indonesia dengan skor 5-1. Gol Munchen masing-masing dicetak oleh Reno Borges, Viktor Bopp, dua gol Jan Schlaudraff dan Toni Kroos. Dan satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Bepe.

4. Joko Malis

Penikmat sepakbola masa kini mungkin jarang ada yang mengenal sosok Joko Malis. Joko Malis merupakan salah satu pemain Indonesia yang bermain untuk NIAC Mitra di era 80 an. Pada 1983, NIAC Mitra menjalani laga persahabatan dengan klub elite Inggris, Arsenal di Stadion 10 November.

Secara mengejutkan, NIAC Mitra mampu mempermalukan Arsenal dengan skor 2-0. Salah satu gol NIAC Mitra dicetak oleh Joko Malis. Terciptanya gol ini bermula dari Fandi Ahmad yang berhasil melewati tiga pemain belakang The Gunners dan mengirimkan umpan pada Joko Malis. Dengan mudah, Joko Malis pun menceploskan bola ke dalam gawang.

3. Patrich Wanggai dan Yosua Pahabol

Patrich Wanggai

Indonesia memang tidak pernah kehabisan pemain sepakbola berbakat dari Timur. Beberapa diantaranya adalah Patrich Wanggai dan Yosua Pahabol yang pernah membobol gawang Inter Milan pada 2012 lalu.

Kala itu, skuad garuda berhadapan dengan Inter Milan dalam lawatannya ke Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Dengan masih diperkuat legenda, Javier Zanetti, Inter berhasil mencetak 4 gol ke gawang Indonesia melalui Giampaolo Pazzini dan Philippe Coutinho. Namun bukan tanpa perlawanan, Indonesia juga berhasil mencetak 2 gol melalui Patrich Wanggai dan juga Yosua Pahabol.

2. Rochy Putiray

Rochy Putiray

Rochy Putiray merupakan legend hidup persepakbolaan Indonesia yang terkenal rambut uniknya. Tidak hanya soal rambut, Rochy juga dikenal sebagai pemain yang pernah abroad dengan membela klub-klub Hong Kong seperti Instant Dict FC, Happy Valley, South China AA, hingga Kitchee SC.

Pada saat membela Kitchee FC, rupa-rupanya Rochy Putiray berhadapan dengan raksasa Italia, AC Milan. Tidak tanggung-tanggung, Rochy bahkan mencetak dua gol ke gawang AC Milan yang membuat Kitchee FC menang dengan skor 2-1.

1. Greg Nwokolo

Greg Nwokolo

Pada tahun 2013, klub elite asal Inggris melakoni laga persahabatan di Indonesia dengan menghadapi Indonesia selection. Skuad asuhan Jose Mourinho itu bahkan tampil penuh dengan membawa pemain berbahaya sekelas Eden Hazard, Demba Ba, hingga Romelu Lukaku.

Benar saja, Indonesia Selection bun dibantai habis-habisan dengan skor 8-1. Gol Chelsea masing-asing dicetak oleh Eden Hazard, dua gol Ramires, Demba Ba, John Terry, dua (Sumber)