10 Klub Termahal di Asia Tenggara 2023, 3 Di Antaranya Dari Indonesia

SEBANYAK 10 klub termahal di Asia Tenggara 2023 memang menarik untuk dibahas. Dalam dunia olahraga, sepakbola termasuk salah satu cabor yang selalu menjadi sorotan.

Tak hanya soal kemampuan dan perkembangan pemain, kemajuan klub pun menjadi sorotan. Bahkan harga klub pun tak dimungkiri juga menjadi bahasan.

Borneo FC

Harga klub termahal sendiri sejatinya mengacu pada harga pasar atau market value pemain dari laman transfermarkt terbaru. Harga tersebut pun dirasakan oleh beberapa klub ASEAN.

Dari data yang ada, ada dua klub Indonesia yang turut masuk dalam daftar 10 besar klub termahal di ASEAN. Penasaran klub apa saja yang masuk 10 besar termahal di Asia Tenggara 2023? Simak penjelasan berikut yang dirangkum dari transfermarkt pada Senin (17/4/2023).

Berikut 10 Klub Termahal di Asia Tenggara 2023

10. Buriram United

Buriram United

Klub divisi satu Thai League ini menduduki peringkat pertama sebagai klub termahal di Asia Tenggara 2023. Kini, klub yang bermarkas di Chang Arena ini memiliki harga pasaran mencapai €9.53 juta atau setara dengan Rp154 miliar.

9. Johor Darul Ta’zim (JDT)

JDT

Klub yang dibela oleh salah satu penggawa Timnas Indonesia, Jordi Amat ini menduduki peringkat kedua sebagai klub termahal di Asia Tenggara. Klub yang Sultan Ibrahim Stadium ini memiliki harga pasar mencapai €8.85 juta atau setara dengan Rp143 miliar.

8. BG Pathum United

BG Pathum United

Klub yang bermarkas di BG Stadium ini menjadi klub kedua di Thailand yang memiliki harga termahal. Harga pasar terbarunya mencapai €6.40 juta atau setara dengan Rp103 miliar.

7. Lion City Sailors

Lion City Sailors

Klub Singapura satu ini menjadi satu-satunya klub negara tersebut dengan harga yang fantastis. Klub ini memiliki harga pasar mencapai €6.11 juta atau setara dengan Rp98,7 miliar.

6. Port FC

Port FC

Klub Thai League lainnya yang memiliki harga mahal adalah Port FC. Klub yang bermarkas di PAT Stadium ini memiliki harga €5.98 juta atau setara dengan Rp96,6 miliar.

5. Muangthong United

Muangthong United

Muangthong United memiliki harga mencapai €5.55 juta atau setara dengan Rp89,6 miliar. Ini menjadikan klub yang bermarkas di Thunder Dome Stadium klub keempat termahal di Thai League.

4. Borneo FC Samarinda

Borneo FC

Klub Indonesia selanjutnya yang termahal bermarkas di Stadion Segiri Samarinda. Klub ini memiliki harga mencapai €5.49 juta atau setara dengan Rp88,6 miliar.

3. True Bangkok United

Bangkok United

Klub Thai League lainnya dengan harga mahal adalah True Bangkok United. Klub ini memiliki harga sebesar €5.48 juta atau setara dengan Rp88,5 miliar.

2. Persib Bandung

Persib Bandung

Persib Bandung termasuk klub termahal di Indonesia dan Asia Tenggara. Melansir dari Transfermarkt, klub satu ini memiliki harga sebesar €5.46 juta atau setara dengan Rp88,2 miliar.

1. Persija Jakarta

Persija Jakarta

Klub yang berlaga di Liga 1 Indonesia ini diketahui memiliki harga tertinggi di Tanah Air. Meski nominalnya turun, Macan Kemayoran tetap menjadi termahal mencapai €5.84 juta atau setara dengan Rp94,3 miliar.(Sumber)