Ini 5 Pemain Naturalisasi yang Bersinar di Timnas Indonesia

SEBANYAK 5 pemain naturalisasi yang bersinar di Timnas Indonesia akan dibahas Okezone di artikel ini. Indonesia dalam hal ini PSSI, memang dikenal sering menggunakan jasa pemain naturalisasi dengan tujuan dapat menambah kekuatan Timnas Indonesia.

Dari waktu ke waktu, sejumlah pemain keturunan maupun non keturunan pun berhasil dinaturalisasi. Bahkan hingga saat ini, sudah banyak pemain naturalisasi yang pernah membela Timnas Indonesia. Lantas, siapa sajakah pemain naturalisasi yang bersinar di Timnas Indonesia? Okezone akan mengulasnya di sini.

Berikut 5 Pemain Naturalisasi yang Bersinar di Timnas Indonesia:

5. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly

Pemain naturalisasi yang bersinar di Timnas Indonesia di urutan kelima adalah Stefano Lilipaly. Bomber Borneo FC ini resmi menyandang status warga negara Indonesia (WNI) sejak 2013. Meski belum mempersembahkan gelar juara bagi Timnas Indonesia, penyerang keturunan Indonesia-Belanda 33 tahun ini jadi andalan skuad Garuda.

Menurut Transfermarkt, Stefano Lilipaly memulai debut bersama Timnas Indonesia pada Agustus 2013 di bawah asuhan Jacksen F Tiago. Hingga saat ini, Stefano Lilipaly sudah membela Timnas Indonesia senior sebanyak 29 pertandingan dan 3 gol, dan bersama Timnas Indonesia U-23 mencatatkan 5 laga dan 4 gol.

4. Marc Klok

Marc Klok

Untuk urutan keempat ditempati oleh gelandang kreatif milik Persib Bandung, Marc Klok. Pemain 30 tahun berdarah Belanda ini resmi mendapat status WNI pada November 2020.

Namun, Marc Klok baru memulai debutnya bersama Timnas Indonesia pada Juni 2022 di bawah asuhan Shin Tae-yong. Sejauh ini, Marc Klok sudah bermain 13 caps dengan catatan 4 gol untuk Timnas Indonesia. Pemain 30 tahun ini pun pernah mempersembahkan medali perunggu bagi Indonesia di SEA Games 2021 silam.

3. Cristian Gonzales

Cristian Gonzalez

Pemain naturalisasi yang bersinar di Timnas Indonesia untuk urutan ketiga yakni penyerang RANS Nusantara FC, Cristian Gonzales. Pemain berdarah Uruguay ini mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 2010 silam dan langsung membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 sebagai debutnya di bawah asuhan Alfred Riedl.

Sayangnya, Cristian Gonzales hanya bisa membawa Timnas Indonesia jadi runner-up Piala AFF 2010 usai dikalahkan Malaysia di final. Meski begitu, Cristian Gonzales termasuk bomber haus gol dengan telah mencetak 13 gol dari 32 laga yang dijalani bersama Timnas Indonesia.

2. Beto Goncalves

Beto Goncalves

Untuk urutan kedua ada penyerang Madura United, Beto Goncalves. Bomber 42 tahun kelahiran Brasil ini resmi menyandang status WNI pada 2018 silam. Namun, ia baru mendapat Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia pada usia 38 tahun atau pada 2019.

Kendati begitu, Beto Goncalves turut berkontribusi untuk Timnas Indonesia dalam urusan mencetak gol. Tercatat, Beto Goncalves sudah melakoni 12 caps dengan 10 gol bersama Timnas Indonesia. Ia juga sempat membela Timnas Indonesia mentas di Asian Games 2018, kualifikasi Piala Dunia, hingga laga uji coba.

1. Jordi Amat

Jordi Amat

Untuk urutan pertama sebagai pemain naturalisasi yang bersinar di Timnas Indonesia ditempati oleh bek Johor Darul Takzim (JDT), Jordi Amat. Pada November 2022, Jordi Amat resmi mendapatkan status WNI.

Jordi Amat langsung dipercaya Shin Tae-yong untuk turun di Piala AFF 2022 meski tidak memberikan titel juara bagi Timnas Indonesia. Namun, kehadirannya menjadi pembeda di lini belakang Timnas Indonesia. Tercatat, Jordi Amat telah mengoleksi 6 caps dan 1 gol untuk Timnas Indonesia yang ia lesakkan kala melawan Burundi di FIFA Matchday Maret 2023 kemarin.

Jauh sebelum menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat merupakan jebolan Liga Inggris dan Liga Spanyol. Tercatat, pemain keturunan Indonesia ini pernah membela Swansea City di Liga Inggris, dan Espanyol, Rayo Vallecano, serta Real Betis di Liga Spanyol.(Sumber)