5 Pebulutangkis Yang Paling Sering Juara Badminton Asia Championship

5 pebulu tangkis yang paling sering juara Badminton Asia Championship menarik dikulik. Sebab, ajang tersebut akan segera bergulir lagi pada tahun ini.

Tepatnya, Badminton Asia Championship 2023 akan berlangsung mulai besok, Selasa 25 April 2023 hingga 30 April 2023. Tahun ini, ajang tersebut akan dihelat di Dubai, Uni Emirat Arab.

Jelang bergulirnya kembali Badminton Asia Championship, menaril mengulik serba-serbi ajang tersebut, termasuk soal pebulu tangkis tersukses dalam merebut medali emas. Siapa saja? Berikut 5 pebulu tangkis yang paling sering juara Badminton Asia Championship.

5. Kim Dong-moon

Kim Dong-moon

Salah satu pebulu tangkis yang paling sering juara Badminton Asia Championship adalah Kim Dong-moon. Pebulu tangkis asal Korea Selatan ini total sudah merebut 6 gelar juara Badminton Asia Championship.

Gelar juara itu didapat Kim Dong-moon dari dua sektor yang berbeda. Sebanyak dua gelar juara diraih Kim Dong-moon di sektor ganda putra, sementara 4 lainnya didapat kala mentas di ganda campuran.

Kim Dong-moon pertama kali berjaya di Badminton Asia Championship pada 1998 dengan menjadi juara di sektor ganda campuran. Lalu, pada 1999, dia menjadi juara di dua sektor sekaligus, yakni ganda putra dan campuran. Selanjutnya, pada 2001 dan 2004 dia juara lagi di ganda campuran, dan 1 gelar lain didapat pada 2002 di ganda putra.

4. Ge Fei

Ge Fei

Lalu, ada nama Ge Fei. Pebulu tangkis asal China ini tak kalah bersinar dari Kim Dong-moon. Dia total bisa merebut 5 gelar juara di Badminton Asia Championship.

Empat gelar juara didapat Ge Fei kala bermain di sektor ganda putri, yakni pada 1994, 1995, 1998, dan 1999. Lalu, 1 gelar juara lain di sektor ganda campuran pada 1995.

Ge Fei tak hanya berjaya di Badminton Asia Championship, tetapi juga di turnamen kejuaraan dunia. Dia sukses merebut tiga gelar juara dunia di sepanjang kariernya.

3. Ye Zhaoying

Ye Zhaoying

Di urutan ketiga, ada Ye Zhaoying. Pebulu tangkis asal China ini juga sukses besar membawa harum nama negaranya di pentas Badminton Asia Championship.

Tercatat, Ye Zhaoying sukses merebut medali emas sebanyak 5 kali di sektor tunggal putri. Gelar itu didapat Ye Zhaoying pada 1992, 1994, 1995, 1998, dan 1999.

2. Lin Dan

Lin Dan

Masih dari pebulu tangkis China, kini ada nama Lin Dan. Dia sukses besar juga kala berlaga di sektor tunggal putra pada ajang Badminton Asia Championship.

Lin Dan tercatat lima kali merebut gelar juara Badminton Asia Championship. Gelar itu didapat pada 2010, 2011, 2014, dan 2015.

1. Lee Yong-dae

Lee Yong-dae

Terakhir, ada Lee Yong-dae. Pebulu tangkis jagoan Korea Selatan ini sukses meraih gelar juara Badminton Asia Championship sebanyak lima kali.

Dua gelar juara diraih Lee Yong-dae di sektor ganda campuran, sementara tiga gelar lainnya didapat di sektor ganda putra. Gelar terakhir didapatnya di Badminton Asia Championship 2016 yang digelar di Wuhan, China. Kala itu, Lee Yong-dae berduet dengan Yoo Yeon-seong.

Di final, Lee/Yoo sukses mengalahkan wakil tuan rumah, Li Junhui/Liu Yuchen. Mereka menang dua game langsung dengan skor 21-14 dan 28-26.(Sumber)