Iker Lecuona Ngaku Antusias Gantikan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2023

Absennya Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2023 menjadi berkah untuk rider tim Honda di World Superbike (WSBK), Iker Lecuona.

Sebab Lecuona dipercaya untuk menggantikan posisi Marquez untuk mengikuti balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada akhir pekan nanti, tepatnya pada 28-30 April 2023.

Lecuona pun amat antusias menyambut balapan MotoGP Spanyol 2023. Maklum saja, setelah memutuskan cabut dari MotoGP di akhir musim 2021, kini Lecuona mendapatkan kesempatan lagi menguji kemampuannya di kasta tertinggi balapan motor tersebut.

Lecuona mengaku senang dapat diberikan kesempatan tersebut. Ia pun tak lupa mendoakan Marquez agar lekas sembuh secepat mungkin.

“Pertama, saya ingin mendoakan yang terbaik untuk Marc dalam pemulihannya. Dia adalah referensi di MotoGP dan saya pikir tidak hanya para penggemar, tetapi juga para pebalap sangat merindukannya. Bagi saya, tentu ini kesempatan luar biasa untuk kembali ke MotoGP dan membalap bersama tim impian saya,” ungkap Lecuona, dalam keterangan resmi Repsol Honda yang dikutip ANTARA, Jumat (28/4/2023).

Menariknya, meski Lecuona sangat bersemangat balapan MotoGP lagi, ia mengaku cukup gugup karena harus menggantikan Marquez dan mewakili performa tim bersama Joan Mir. Ia menilai, kesempatan tersebut juga menjadi sebuah beban tersendiri.

Terlebih, pembalap Spanyol itu kini fokus di WSBK yang memiliki motor dengan spesifikasi teknis yang cukup berbeda dari MotoGP. Lecuona sudah berada di WSBK sejak 2022 lalu, tepatnya ketika sudah berpisah dari KTM pada MotoGP 2021 lalu.

Melakukannya di depan penonton Spanyol adalah hal yang istimewa. Tapi kami harus realistis, ini akan menjadi akhir pekan yang sangat berat dan menuntut,” sambung Lecuona.

“Saya telah menghabiskan tahun ini dan tahun lalu sepenuhnya fokus pada WSBK dengan Tim HRC dan sekarang saya harus terbiasa dengan segala sesuatu yang berbeda di MotoGP serta mempelajari motor baru, yaitu Honda RC213V,” jelas Lecuona.

“Apa pun yang terjadi, saya akan melakukan yang terbaik dan mari kita lihat apa hasilnya,” tambahnya.

Iker Lecuona

Sementara itu, Marquez masih dalam pemulihan dari patah metacarpal pertama tangan kanan yang dialaminya di Grand Prix Portugal. Baik Honda, Marquez, dan tim medis terkait menargetkan kakak dari Alex Marquez itu segera sembuh dan sepenuhnya pulih agar bisa berkompetisi di GP Prancis, 12-14 Mei 2023.(Sumber)