6 Klub Indonesia Ini Dinilai Layak Tampil di Liga Champions Asia

TERDAPAT 6 klub Indonesia yang layak tampil di Liga Champions Asia akan dibahas dalam artikel ini. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI diketahui telah mengeluarkan dua keputusan strategis terkait kelayakan klub Indonesia berlaga di kompetisi Asia.

Keputusan tersebut menghasilkan detail yang berbeda melalui rapat Departemen Lisensi Klub yang digelar pada Rabu 17 Mei 2023. Dari penilaian yang dibuat, terdapat beberapa klub saja yang bisa main di Liga Champions Asia.

Lantas, klub Indonesia apa saja yang layak tampil? Simak jawabannya berikut ini.

6 Klub Indonesia yang Layak Tampil di Liga Champions Asia

Melansir dari akun instagram resmi PSSI, terdapat 6 klub yang layak tampil dalam ACL atau AFC Champions League. Selain berdasarkan penilaian Departemen Lisensi Klub, klub tersebut juga lolos PSSI Club Licensing Regulation dengan status Granted with Sanction. Sayangnya, jumlah ini hanya sepertiga dari total jumlah klub yang terdaftar di Liga 1.

“Keenam klub tersebut adalah Bali United FC, Borneo FC, Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, dan PSM Makassar,” ujar Timmy Setiawan selaku Ketua Departemen Lisensi Klub dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (20/5/2023).

6 Klub yang layak tampil di Liga Champions Asia

Indonesia sendiri hanya mendapatkan 3 slot dalam liga tersebut. Rinciannya adalah 1 tiket play off untuk Liga Champions Asia, 1 tiket fase grup Piala AFC dan 1 tiket play off Piala AFC.

Ketiga tiket tersebut diberikan kepada PSM Makassar sebagai Juara Liga 1 2022-2023, Bali United selaku Juara Liga 1 2021-2022 dan Persija Jakarta atau Persib Bandung sebagai Runner-up Liga 1 2022-2023.

Perlu diketahui, Bali United yang berstatus juara Liga 1 harus gagal tampil di Piala AFC lantaran pandemi Covid-19. Ini pun dialami oleh PSM Makassar yang datang dengan status juara Piala Indonesia 2018-2019.

Untuk menentukan mewakili Indonesia di Liga Champions Asia, PT Liga Indonesia Baru menggelar laga play off terlebih dahulu. Dari laga ini nantinya akan mempertemukan PSM Makassar dan Bali United.

Persija Jakarta

Tim yang gagal di laga play off itu, otomatis dapat tampil di babak penyisihan grup Piala AFC musim depan. Sementara untuk Persija Jakarta atau Persib Bandung akan saling adu guna meraih tiket play off Piala AFC 2023-2024.(Sumber)