Tekno  

Instagram Bakal Bikin Aplikasi Berbasis Teks Baru Mirip Twitter

Instagram dilaporkan akan meluncurkan media sosial baru. Menariknya, aplikasi ini bakal menyerupai Twitter.
Aplikasi ini akan berdiri sendiri, namun secara parsial terhubung dengan aplikasi utama Instagram. Dia berbasis teks layaknya Twitter, pengguna bisa ‘nge-tweet’ hingga 500 karakter.

Informasi ini terungkap dari slide presentasi marketing yang bocor, dan diposting oleh Lia Haberman dari IYCMI di akun Twitter resminya. Bocorannya juga dilengkapi penampakan dari calon aplikasi Instagram versi teks ini.

Namanya baru ditulis sebagai “aplikasi berbasis teks baru Instagram untuk percakapan”. Rumor proyek ini muncul pertama kali per Maret 2023, dengan nama sandi P92 atau Barcelona.

Pengguna dapat memindahkan username, kata sandi, follower, bio, dan verifikasi ke platform baru ini. Bahkan, akun yang diblokir di Instagram juga akan ikut terblokir di platform baru ini.

Dari screenshot penampakan yang tersebar, aplikasi tersebut memang terlihat seperti gabungan Instagram dan Twitter. Layout seperti Instagram, namun kontennya adalah tulisan.

Instagram juga akan memberikan opsi pembatasan siapa yang bisa membalas postingan dan siapa yang bisa mention.

Kabar lain menyebutkan aplikasi baru ini juga akan punya elemen desentralisasi, mirip dengan Mastodon.
“Segera, aplikasi kami akan kompatibel dengan aplikasi tertentu lainnya seperti Mastodon,” tulis slide tersebut

“Pengguna di aplikasi lain ini akan dapat mencari, mengikuti, dan berinteraksi dengan profil dan konten Anda jika Anda publik, atau jika Anda pribadi dan menyetujuinya sebagai pengikut.”

Mengingat Twitter semakin aneh di tangan Elon Musk, mungkin saja Instagram bisa mengambil pangsa pasar pengguna media sosial microblogging tersebut. Jika benar dirilis, ini tak hanya punya saingan Twitter tapi juga Mastodon dan Bluesky yang didirikan oleh pendiri Twitter Jack Dorsey.

Aplikasi ini diprediksi akan meluncur musim panas ini, sekitar Juli-Agustus 2023. Meta juga menginginkan orang dengan profil tinggi seperti artis, atlet, dan pesohor lainnya dapat akses aplikasi ini pertama kali.(Sumber)