News  

Gaikindo Pastikan Esemka Tak Partisipasi di GIIAS 2023, Ini Alasannya

Esemka dipastikan tidak berpartisipasi dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi.

Ia mengatakan, merek mobil nasional itu tidak mengontak Gaikindo sebagai penyelenggara GIIAS. Sebelumnya, Esemka hadir pertama kali di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pada Februari lalu.

Republika pun mengonfirmasi langsung ke Esemka atau PT Solo Manufaktur Kreasi mengenai kabar dari Gaikindo tersebut. Hanya saja, perusahaan enggan memberikan informasi lebih jelas.

“Saya tidak bisa kasih informasi terima kasih,” kata Juru Bicara PT Solo Manufaktur Kreasi Sabar Budi saat dihubungi Republika, Ahad (28/5/2023).

Saat berpartipasi di IIMS, Esemka memamerkan mobil pikap Bima dan mobil listrik Bima EV. Presiden Direktur Esemka Eddy Wirajaya sempat memberi sinyal Esemka akan mengikuti pameran otomotif lanjutan setelah IIMS 2023.

Ia juga mengatakan, faktor biaya menjadi ganjalan bagi Esemka dalam mengikuti pameran otomotif berskala nasional maupun internasional. Menurutnya, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti sebuah pameran cukup mahal.(Sumber)