Anne Ratna Mustika dan Atalia Praratya Bersaing Sengit Jadi Politisi Perempuan Partai Golkar Paling Populer Mei 2023

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika kembali bercokol di posisi pertama dalam daftar politisi dan tokoh perempuan Partai Golkar terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan periode Mei 2023. Kali ini Anne Ratna Mustika tampak menunjukkan tajinya sebagai salah seorang kepala daerah yang tak kenal lelah bekerja untuk rakyatnya.

Ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuknya mengingat Anne Ratna Mustika adalah seorang politisi perempuan. Dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan.

Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya. Beberapa nama perempuan hebat berada di Partai Golkar, sebut saja politisi perempuan senior Partai Golkar Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong, lalu ada pula nama Mien Sugandhi yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan era orde baru pada tahun 1993-1998.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, kami Golkarpedia.com mencoba melakukan riset terkait dengan siapa saja politisi perempuan Partai Golkar yang dikenal akrab di telinga publik.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan Mei 2023 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini.

Di urutan pertama, Golkarpedia.com menemukan nama Anne Ratna Mustika, politisi perempuan Partai Golkar sekaligus Bupati Purwakarta periode 2018-2023. Namanya mungkin tidak asing lagi di telinga warga Purwakarta dan Jawa Barat pada umumnya.

Popularitas Anne Ratna Mustika berdasar tools yang kami gunakan mendapat predikat terpopuler dengan mengumpulkan 835 pemberitaan selama bulan Mei 2023. Pemberitaan yang dimilikinya menghasilkan reach mencapai 5,1 juta jangkauan.

Beberapa fokus pemberitaan yang mengulas mengenai Ambu Anne, panggilan akrabnya adalah terkait Purwakarta Job Fair 2023 yang didatangi oleh ribuan pelamar kerja. Anne Ratna Mustika dalam kegiatan tersebut berjanji akan lebih sering menyelenggarakan Purwakarta Job Fair. Lalu ada pula pemberitaan mengenai program yang digulirkan oleh Anne Ratna Mustika mengenai USG gratis bagi ibu hamil di Purwakarta.

Di urutan kedua ada nama baru yang coba kami munculkan, yakni Atalia Praratya atau Bu Cinta, Istri dari Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat yang juga menjabat sebagai Waketum DPP Partai Golkar. Atalia Praratya kini telah resmi bergabung dengan Partai Golkar, ia juga mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI dari Partai Golkar.

Atalia Praratya sendiri untuk bulan Mei 2023 berhasil meraih 389 pemberitaan, dengan capaian reach sebesar 3,6 juta jangkauan. Pemberitaan mengenai Atalia Praratya di antaranya adalah kabar majunya ia sebagai Caleg DPR RI dari Partai Golkar, padahal sebelumnya Bu Cinta mengaku anti terhadap politik.

Pemberitaan yang tak kalah banyak mendapat sorotan publik adalah capaian Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta) yang digagas oleh Atalia Praratya berhasil menelurkan 67.000 alumni perempuan se-Jawa Barat.

Selanjutnya, di urutan ketiga ada nama Riana Sari Arinal yang menjabat sebagai Ketua IIPG Lampung. Untuk periode Mei 2023, istri dari Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi memiliki pemberitaan sebanyak 189 berita dengan reach sebesar 169.429 jangkauan.

Berita yang mengabarkan mengenai figur Riana Sari Arinal antara lain adalah pernyataannya yang mengapresiasi Pemilihan Puteri Indonesia 2023 yang menjadikan Lampung sebagai tema besar kontestasi kecantikan itu. Lalu ada pula pemberitaan mengenai Riana Sari Arinal yang menghadiri acara HUT dan raker BKOW Provinsi Lampung.

Sementara di urutan keempat, diisi oleh Bupati Serang yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Ia mendapatkan posisi keempat dengan 175 pemberitaan selama periode bulan Mei 2023. Reach yang dihasilkan dari pemberitaan miliknya adalah sebesar 318.642 jangkauan.

Di tempat kelima ada nama Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian. Komisi X DPR memiliki ruang lingkup tugas di bidang pendidikan, kepemudaan dan olahraga. Untuk Mei 2023, Hetifah memiliki pemberitaan sebanyak 164 berita dan cakupan reach sebesar 623.325 jangkauan.

Di bawah Hetifah Sjaifudian, ada nama Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Pada Mei 2023, Indah Putri Indriani memiliki berita sebanyak 152 pemberitaan dengan cakupan reach mencapai 464.849 jangkauan.

Lalu di urutan 7 ada nama Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. Perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar ini pada Mei 2023 mendapatkan 150 pemberitaan dengan cakupan reach mencapai 416.582 jangkauan.

Posisi delapan diisi oleh Ketua Umum KPPG, Airin Rachmi Diany. Sepanjang bulan Mei 2023, Airin Rachmi Diany berhasil mencatatkan 149 berita mengenai dirinya. Reach yang dihasilkan oleh calon Gubernur Banten ini mencapai 586.127 jangkauan.

Posisi sembilan diisi oleh anggota Komisi I DPR RI lainnya, yakni Nurul Arifin. Popularitas memang kadung melekat dengan Nurul Arifin. Maklum saja, sebagai mantan pesohor, Nurul Arifin sudah sangat dikenal oleh publik. Kini sebagai anggota DPR RI, ia memiliki kelasnya tersendiri untuk membuktikan sebagai salah satu politisi perempuan terkemuka di tanah air. Untuk Periode Mei 2023, Nurul Arifin mendapatkan 137 pemberitaan dengan reach mencapai 979.245 jangkauan.

Sementara di posisi kesepuluh, ada nama Bupati Pekalongan yang juga menjabat sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Pekalongan, Fadia Arafiq dengan 130 pemberitaan sepanjang bulan Mei 2023. Reach yang dicapai oleh Fadia Arafiq baik sebagai Bupati Pekalongan ataupun Ketua DPD II Partai Golkar adalah sebanyak 251.565 jangkauan.

Seluruh data ini bisa berubah seiring perjalanan waktu. Lalu, terkait dengan metode pengumpulan data, kami menggunakan tools monitoring media yang mengumpulkan data pemberitaan bulan Mei 2023.

Selain itu, sepuluh besar ini juga merupakan hasil tracing serta eliminasi nama tokoh lain yang tidak masuk karena alasan jumlah pemberitaan lebih sedikit daripada yang berada di ranking 10 besar.

Dengan terangkumnya sepuluh besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan Mei 2023, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak.

10 Tokoh Perempuan Partai Golkar Terpopuler Berdasarkan Kuantitas Pemberitaan Periode Mei 2023:

1. Anne Ratna Mustika
Bupati Purwakarta
Total: 835 Pemberitaan
Reach: 5,1 juta jangkauan

2. Atalia Praratya
Fungsionaris Partai Golkar
Total: 389 Pemberitaan
Reach: 3,6 juta jangkauan

3. Riana Sari Arinal
Ketua IIPG Lampung
Total: 189 Pemberitaan
Reach: 169.429 jangkauan

4. Ratu Tatu Chasanah
Bupati Serang
Total: 175 Pemberitaan
Reach: 318.642 jangkauan

5. Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI
Total: 164 Pemberitaan
Reach: 623.325 jangkauan

6. Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara
Total: 152 Pemberitaan
Reach: 464.849

7. Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
Total: 150 Pemberitaan
Reach: 416.582 jangkauan

8. Airin Rachmi Diany
Ketua Umum KPPG
Total: 149 Pemberitaan
Reach: 586.127 jangkauan

9. Nurul Arifin
Anggota Komisi I DPR RI
Total: 137 Pemberitaan
Reach: 979.245 jangkauan

10. Fadia Arafiq
Bupati Pekalongan
Total: 130 Pemberitaan
Reach: 251.565 jangkauan {golkarpedia}