News  

Sederet Bisnis Kaesang Ini Kolaps Sebelum Maju Pilwalkot Depok, Pilih Fokus Politik?

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, menyatakan siap maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Depok 2024. Dalam sebuah video yang diunggah pada Jumat (9/6/2023), ia mengaku telah mendapatkan izin dan restu dari keluarga besar untuk menjadi orang pertama di Kota Depok.

“Saya Kaesang Pangarep. Saya sudah dapat izin dan restu dari keluarga. Insyallah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama. Mohon dukungannya, merdeka,” ucap Kaesang dalam video tersebut.

Adapun sebelum merambah ke dunia politik dan maju Pilwalkot, Kaesang lebih dulu menggeluti ranah bisnis. Ia tercatat membuka banyak usaha di berbagai bidang, mulai dari pakaian hingga kuliner. Namun, beberapa diantaranya saat ini sudah kolaps.

Bisnis Kaesang yang Kolaps

Ada dua usaha milik Kaesang Pangarep yang kolaps atau bangkrut, yakni clothing line dan aplikasi permainan. Namun, ia tidak menjelaskan lebih lanjut soal penyebab bisnis yang ia bangun saat masih duduk SMA itu bisa jatuh.

Kaesang memaparkan saat itu tidak mengetahui bisnis clothing secara pasti. Ia akhirnya sampai menghabiskan banyak dana, namun sayang produknya malah tak laku. Kerugian tersebut tidak mencapai ratusan juta, tetapi menurutnya, untuk ukuran anak SMA, sudah besar.

Dalam berbisnis kala itu, Kaesang tidak pernah mengonsultasikan pembukaan usaha kepada orang tuanya. Ia memilih memberitahunya saat sudah maju atau setelah ada masalah. Di mana ia menanyakan solusinya kepada ayah-ibu serta kakaknya, Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, ada bisnis Kaesang yang juga ditutup, yakni Ternakopi. Alasannya karena produk kopinya tersebut tidak laku di pasaran. Ia mengungkap bahwa sebelum pandemi virus Covid-19, usaha ini memiliki sekitar 40 outlet. Namun, setelahnya, semua tempat lenyap.

Meski begitu, Kaesang masih memiliki bisnis kuliner lainnya. Mulai dari Sang Pisang, Siap Mas, Goola, Yang Ayam, hingga Mangkokku bersama Gibran dan chef Arnold Poernomo. Usaha ini diketahui menerima suntikan dana dari Alpha JWC Ventures sebesar US$2 juta atau sekitar Rp28,3 miliar.

Tak hanya itu, Kaesang pun menggeluti dunia pasar modal sebagai seorang investor. Adapun dirinya mulai mendalami soal saham ketika masih duduk di bangku kuliah. Dalam bidang ini, ia mengaku sempat selalu merugi di waktu pertama kali terjun, yakni pada tahun 2017.

Usai mempelajarinya dengan seksama, Kaesang baru mengetahui saham yang ia pilih selama ini ternyata tergolong third liner atau lapis ketiga. Di sisi lain, ia juga merambah ke dunia sepakbola dengan menjado salah satu pemilik Persis Solo dan Direktur Utama di PT Persis Solo Saestu (PSS).(Sumber)