Belanda Disingkirkan Kroasia di Semifinal UEFA Nations League, Ronald Koeman Ngamuk!

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Belanda, Ronald Koeman kecewa dengan permainan timnya, terutama lini tengah saat melawan Kroasia di semifinal UEFA Nations League 2022-2023. Pasalnya karena lini tengah Belanda kalah saing, tim tersebut pun disingkirkan Kroasia dengan skor 2-4, pada Kamis (15/6/2023) dini hari WIB.

Ya, Timnas Belanda tumbang dari Kroasia di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda. Laga itu sempat berlanjut ke babak tambahan lantaran kedua tim sama kuat 2-2 di waktu normal.

De Oranje -julukan Timnas Belanda- hanya mampu mencetak sepasang gol via Donyell Malen (34’) dan Noa Lang (90+6’).

Sedangkan, Timnas Kroasia berhasil membukukan empat gol dan mengunci kemenangan lewat babak perpanjangan waktu. Empat gol tersebut dicatatkan oleh Andrej Kramaric (55’ (P)), Mario Pasalic (72’), Bruno Petkovic (98’), dan Luka Modric (116’).

Kekalahan itu membuat De Oranje gagal ke partai final dan kini mereka tinggal menunggu lawan di perebutan tempat ketiga. Usai laga, Koeman membeberkan alasan utama Belanda bisa kalah dari Kroasia.

Menurut mantan juru taktik Barcelona itu, Belanda tumbang karena kalah saing dengan lini tengah Kroasia. Awalnya ia merasa babak pertama baik-baik saja, tetapi permainan Belanda menurun drastis di babak kedua hingga akhirnya Kroasia dapat bermain bebas.

Saya sangat puas dengan babak pertama. Tapi saya merasa kami tidak memulai babak kedua dengan baik. Lini tengah Kroasia mengambil kendali, dan itu menyulitkan kami, terutama setelah penalti,” kata Koeman dilansir dari laman resmi UEFA, Kamis (15/6/2023).

Lebih lanjut, Koeman juga menyinggung kekompakan Vatreni -julukan Timnas Kroasia. Diketahui, skuad yang diasuh oleh Zlatko Dalic itu memang beberapa kali berhasil menembus babak semifinal turnamen besar.

“Kemudian Anda bisa melihat bahwa mereka adalah tim yang telah bermain bersama untuk waktu yang lama,” ujar Koeman.

Belanda vs Kroasia

Dengan kekalahan ini, Timnas Belanda tinggal menunggu hasil laga Spanyol vs Italia di laga semifinal lainnya. Pertandingan perebutan tempat ketiga sendiri akan berlangsung di Stadion De Grolsch Veste, Enschede, Belanda pada Minggu 18 Juni 2023 mendatang.(Sumber)