Tekno  

Youtuber Dengan Hanya 500 Subscriber Kini Bisa Monetisasi Video, Ini Syarat Lengkapnya

YouTube mengubah aturan monetisasi video di platform-nya. Perusahaan kini mempermudah syarat mendapatkan uang dari YouTube untuk penggunanya.

Platform video milik Google itu menurunkan persyaratan bagi YouTuber untuk mendapatkan akses ke fitur monetisasi di bawah YouTube Partner Program (YPP). Berikut syarat baru untuk bisa lolos ke programnya:

Punya 500 subscriber
3 postingan publik dalam 90 hari terakhir
3.000 jam waktu tonton dalam setahun terakhir atau 3 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir
Syarat baru ini lebih ringan dari sebelumnya.

Dulu, kreator konten harus punya setidaknya 1.000 subscriber dan memiliki 4.000 jam waktu tonton dalam setahun terakhir atau 10 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir.

Jika pengguna memenuhi ambang batas baru, mereka dapat mengajukan permohonan untuk menjadi bagian dari YPP dan mendapatkan akses ke fitur saweran macam Super Thanks, Super Chat, dan Super Stickers, fitur langganan seperti keanggotaan chanel, dan kemampuan untuk mempromosikan merchandise-nya dengan YouTube Shopping.

YouTube menerapkan perubahan syarat ini di AS, Inggris, Kanada, Taiwan, dan Korea Selatan. Perusahaan rencananya akan memperluas aturan baru ke negara lain yang menyediakan program YPP.

Platform juga memperluas uji coba afiliasi YouTube Shopping ke banyak YouTuber di AS, yang diperkenalkan pertama kali pada November 2022 lalu.

Kreator konten yang sudah tergabung dalam YPP dan memiliki lebih dari 20 ribu subscriber bakal bisa tag barang jualannya di video maupun Shorts, serta mendapatkan komisi.(Sumber)