Daftar Pot Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia Dimana?

DAFTAR pembagian pot drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan diulas Okezone. Drawing babak pertama dan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan dilangsungkan pada Kamis, 27 Juli 2023. Bagaimana dengan Timnas Indonesia, ditempatkan di pot berapa?

Drawing babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia lebih dulu dilangsungkan di hari yang sama. Babak pertama bakal mementaskan tim-tim yang menempati peringkat 26-47 Asia.

Berhubung Timnas Indonesia menempati peringkat 28 Asia, skuad Garuda akan menantang salah satu dari peringkat 37-47 Asia yang berisikan Makau, Mongolia, Bhutan, Laos , Brunei, Bangladesh, Pakistan, Timor Leste, Guam, Srilanka dan Kepulauan Mariana Utara. Nantinya, Timnas Indonesia akan melakoni laga kandang dan tandang pada Oktober 2023.

Jika sanggup menang, Timnas Indonesia dan 10 negara lain yang memenangkan babak pertama akan lolos ke fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Di sana, Timnas Indonesia dan 10 negara lain sudah ditunggu tim peringkat 1-25 Asia yang lolos otomatis ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Seperti yang sudah diutarakan di atas, di hari yang sama dengan drawing babak pertama juga dilangsungkan undian babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Meski Timnas Indonesia belum tentu lolos ke babak kedua, skuad Garuda ditempatkan di pot 4 atau pot paling buncit. Penentuan pot ini berdasarkan ranking FIFA terbaru.

Nantinya, Timnas Indonesia bersanding di pot 4 bersama lawannya di babak pertama. Berhubung cuma berada di pot 4, Timnas Indonesia berpotensi satu grup dengan Vietnam (pot 2), serta Malaysia dan Thailand (pot 3).

Bagaimana dengan penghuni pot 1? Di sana berisikan tim-tim mapan seperti Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, Qatar, Irak, Oman dan Uni Emirat Arab.

Setelah drawing dilakukan akan ditemukan sembilan grup yang mana masing-masing grupnya berisikan empat tim. Nantinya juara dan runner-up grup lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia sekaligus melaju otomatis ke Piala Asia 2027.

Sementara itu, tim yang menempati peringkat tiga dan empat harus melanjutkan kiprah mereka di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2027, sekaligus menutup peluang mereka tampil di Piala Dunia 2026.

Berikut pembagian pot drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

Pot 1: Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, Qatar, Irak, Oman dan Uni Emirat Arab.

Pot 2: Uzbekistan, China, Yordania, Bahrain, Suriah, Vietnam, Palestina, Kirgizstan dan India.

Pot 3: Lebanon, Tajikistan, Thailand, Korea Utara, Filipina, Malaysia, Turkmenistan, Kuwait dan Hong Kong.

Pot 4: Timnas Indonesia, Taiwan, Maladewa, Yaman, Afghanistan, Singapura, Myanmar, Nepal, Kamboja.

Unseeded: Makau, Mongolia, Bhutan, Laos, Brunei Darussalam, Bangladesh, Timor Leste, Pakistan, Guam, Sri Langka, Kepulauan Mariana Utara.(Sumber)