News  

Megawati Disarankan Pilih KH Maruf Amin Untuk Dampingi Ganjar Pranowo

Kursi kosong calon wakil presiden (Cawapres) koalisi PDI Perjuangan, disinyalir mengarah ke tokoh Nahdlatul Ulama. Bahkan ada yang menduga, Wakil Presiden Maruf Amin dibuat dua periode dengan maju kembali di Pilpres 2024.

Analisa itu disampaikan pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio dalam diskusi Narasi Institute bertajuk “Teka-teki Cawapres dan Perannya Membangun Ekonomi Baru”, digelar virtual, Jumat (23/6).

“Kiai Maruf masih satu periode, sehingga sangat mungkin Bu Megawati (Ketua Umum PDIP) mendampingkandia dengan Ganjar,” ujarnya.

Berdasarkan perjalanan pemerintahan Presiden Jokowi di periode kedua, dosen politik Universitas Paramadina itu memandang, Maruf Amin bekerja sebagai Wapres tanpa menimbuilkan konflik kepentingan antara elite-elite politik.

“Saya rasa tidak ada masalah pada saat Kiai Maruf jadi Wapres Jokowi. Dan Jokowi nyaman-nyaman saja didampingi Kiai. Tidak ada tuntutan,” tuturnya.

Maka dari itu, sosok yang kerap disapa Hensat ini melihat peluang Maruf Amin sebagai Cawapres dua periode akan disetujui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Dan kalau dilihat dari orientasi keagamaan, saya yakin tidak ada yang lebih NU ketimbang Kiai Maruf,” demikian Hensat menambahkan.(Sumber)