10 Tahun Terakhir, Pemenang MotoGP Spanyol Didominasi Tuan Rumah

Dalam 10 tahun terakhir, MotoGP Spanyol dikuasai oleh pebalap-pebalap tuan rumah. Bagaimana dengan akhir pekan nanti?

MotoGP Spanyol membuka seri kejuaraan di Eropa. Jorge Lorenzo memenangi tiga edisi, yang terbanyak di antara pebalap-pebalap lainnya dalam periode satu dekade.

Namun, sejak naik kelas menjadi MotoGP pada 2002, Valentino Rossi tercatat sebagai Raja Jerez dengan koleksi tujuh kemenangan. Persaingan akan menarik karena pebalap Monster Energy Yamaha itu mulai kompetitif lagi setelah sukses finis runner-up di dua balapan terakhir.

Marc Marquez tampil sebagai pemenang MotoGP Spanyol 2018. Motivasi ekstra akan dimiliki rider Repsol Honda tersebut setelah gigit jari di MotoGP Amerika Serikat, menyusul insiden jatuh padahal sedang memimpin balapan dengan nyaman.

Rekan setim Marquez, Lorenzo, sudah menunggu-nunggu MotoGP Spanyol. Pebalap berusia 31 tahun itu bertekad untuk menebus hasil-hasil buruk di tiga balapan awal. Apalagi Jerez merupakan sirkuit favoritnya.

Kemajuan yang diperoleh Ducati seri Argentina dan AS memungkinkan Andrea Dovizioso membuat kejutan. Dovizioso masih mencari podium pertamanya di Jerez. Kejutan lain berpotensi datang dari rider Suzuki Alex Rins setelah sukses memenangi balapan ketiga di Austin.

Daftar lengkap pemenang MotoGP Spanyol dalam 10 tahun terakhir

Daftar Pemenang MotoGP Spanyol: Didominasi Rider Tuan Rumah, Siapa Juara di 2019?

[detik]