Kalahkan Borneo FC 3-2, Persib Tetap Tersingkir dari Piala Indonesia

Persib Bandung terhenti di babak perempatfinal Piala Indonesia, meski menang atas Borneo FC 3-2 pada leg kedua. Maung Bandung kalah gol tandang.

Dalam pertandingan leg kedua perempatfinal di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (4/5/2019), Persib menang 3-2. Tapi, tim besutan Robert Rene Alberts itu gagal melaju ke semifinal dengan kalah gol tandang.

Pertandingan berjalan seru dengan kedua tim saling berbagi gol. Persib sudah unggul lebih dulu lewat gol Ghozali Siregar. Tapi kemudian Borneo menyamakan kedudukan melalui gol yang dibuat oleh Javlon Guyenov.

Persib kembali unggul melalui penalti Ezechiel N’Douassel dan imbang lagi menjadi 2-2 dengan Borneo menciptakan gol melalui Lerby Eliandry. Persib bisa membalas satu gol lagi lewat Supardi tapi tak menolong tiket ke semifinal.

Maung Bandung kalah gol tandang dalam hasil agregat 4-4 dengan Borneo FC.

Jalannya pertandingan

Persib tampil agresif sejak kickoff. Satu peluang diciptakan Febri Haryadi melalui tendangan di menit ketiga. Tapi, sepakan itu bisa diantisipasi kiper Borneo, Nadeo Argawinata.

Berselang dua menit, Persib berhasil membobol gawang tim tamu. Melalui umpan silang Ezechiel N’Douassel dari sisi kiri gawang, bola disambar oleh tandukan Ghozali Siregar.

Persib pun unggul atas Borneo FC 1-0.

tempo permainan meningkat sejak itu Satu pelanggaran keras dibuat oleh Diego Michiels pada menit ke-36. Dia menginjak Erwin Ramdani hingga terkapar saat berebut bola bola.

Diego diganjar kartu kuning oleh wasit Fariq Hitaba. Pertandingan berlanjut.

Tak ada tambahan gol hingga babak pertama usai. Persib unggul 1-0 atas Pesut Etam.

Memasuki babak kedua, Persib dan Borneo tak menurunkan tensi permainan. Kedua tim sama-sama berupaya menusuk pertahanan lawan.

Tapi kali ini Persib yang kebobolan. Pemain asal Uzbekistan itu memanfaatkan kelengahan lini belakang Persib yang dikawal Supardi cs dengan menyambar umpan lambung dari Abdul Rahman.

Kedudukan pun imbang 1-1.

Robert Rene membuat perubahan di menit ke-75. Dia mengeluarkan Kim Kurniawan dan menggantinya dengan pemain muda, Beckham Putra Nugraha.

Sebuah peluang untuk menyamakan kedudukan didapatkan Persib saat pertandingan berjalan di atas 80 menit. Satu penalti diberikan kepada Persib setelah wasit menganggap Renan Silva menahan bola dengan lengan.

Ezheciel menjadi eksekutornya. Dan gol untuk Persib setelah Nadeo gagal mengantisipasi arah bola. Persib menambah gol di menit ke-87.

Persib berbalik unggul 2-1.

Dua menit kemudian, Persib harus mengubur harapan menjejak semifinal. Pelanggaran yang dibuat Indra Mustafa menjadi petaka bagi tim asuhan Rene tersebut. Persib kembali kebobolan dari tendangan bebas Lerby Eliandry.

Persib pun kembali diimbangi Borneo 2-2.

Tapi, Persib tak mau menyudahi laga itu dengan hasil imbang. Tuan rumah memaksimalkan sisa waktu di injury time. Sebuah gol diciptakan oleh Supardi dan membalikkan keadaan.

Persib unggul 3-2. Kendati menuai kemenangan, Persib gagal melaju ke babak perempatfinal Piala indonesia. Maung Bandung kalah gol tandang dari Borneo.

Susunan pemain

Persib: M Natshir (GK), Ardi Idrus (Zalnando 46′), Bojan Malisic, Indra Mustafa, Supardi (C) Erwin Ramdani, Febri Hariyadi, Ghozali Siregar, Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan (Beckham Putra Nugraha 74′), Ezechiel N’Douassel (KK)

Borneo FC: Nadeo Arga Winata, Abdul Rahman, Diego Michiels (KK), Jan Lammers, Javlon Guseynov (KK), Abrizal Umanailo, Asri Akbar (Sultan Samma 65′), Finky Pasamba, Renan da Silva, Terens Puhiri, Matias Ruben Conti (Lerby Eliandri 42′). [detik]