Usai Lama Absen, Daniel Ricciardo Berhasil Comeback di F1 GP Hungaria 2023

PEMBALAP Alpha Tauri, Daniel Ricciardo, berhasil comeback dalam balapan F1 GP Hungaria 2023 usai lama absen dari balapan jet darat paling bergengsi di dunia itu. Dia mengaku mengambil banyak pelajaran dari balapan pertamanya dengan tim barunya.

Ya, Ricciardo akhirnya kembali mentas dalam balapan Formula 1 di GP Hungaria 2023 pada Minggu (23/7/2023) malam WIB. Ini menjadi kali pertama baginya tampil di musim ini setelah sebelumnya berstatus sebagai pembalap cadangan Red Bull Racing.

Formula one

Dalam balapan 70 lap di Sirkuit Hungaroring itu, pembalap asal Australia itu start dari posisi 13. Namun, dia langsung terlempar lima tempat ke urutan terakhir pada lap pertama setelah ditabrak dari belakang oleh pembalap Alfa-Romeo, Zhou Guanyu.

Meski begitu, Ricciardo mampu bangkit dan merangkak naik ke posisi sembilan sebelum kemudian kembali ke barisan belakang setelah melakukan pit stop pertamanya pada lap 18. Pada akhirnya, di lap 40, dia berhasil menduduki urutan 13 lagi yang terus bertahan hingga balapan selesai. Dia finis dua tempat di atas rekan setimnya, Yuki Tsunoda.

Pembalap berusia 34 tahun itu pun menilai sebenarnya dia mampu pulang mendapatkan poin dari GP Hungaria 2023 jika tak mengalami insiden di lap pertama. Meski begitu, dia mengungkapkan banyak mendapatkan pelajaran dalam debutnya dengan Alpha Tauri tersebut.

“Saya yakin kami bisa benar-benar berjuang untuk mendapatkan poin jika tak terjadi insiden di lap pertama. Kami memiliki kecepatan, memiliki udara yang jernih, belajar dari kesalahan yang saya buat, mengetahui apa yang disukai mobil, apa yang tidak, saya pikir saya belajar banyak dari balapan ini,” kata Ricciardo dilansir dari RaceFans, Senin (24/7/2023).

Lebih lanjut, Ricciardo mengaku cukup kelelahan dalam balapan ini karena sudah lama tak menjalani balapan penuh. Kendati demikian, dia mengaku sangat menikmati comeback-nya sebagai pembalap utama di F1.

“Dan sejujurnya, salah satu yang paling berat dalam balapan ini adalah dari segi fisik saya setelah tidak melakukan balapan jarak jauh dalam delapan bulan. Namun, saya sangat senang dan bisa tersenyum lebar karena bisa kembali membalap lagi. Saya benar-benar merasa sangat baik di luar sana,” jelas mantan pembalap McLaren itu.

F1

“Saya hanya benar-benar mencoba untuk menikmatinya. Tentu saja saya harus memastikan bahwa diri saya tetap fokus, tapi nikmati saja. Dan para penonton itu cukup keren. Saya mendengar banyak sorakan jadi itu menyenangkan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada akhir musim 2022 lalu kontrak Ricciardo tak diperpanjang oleh McLaren. Nasibnya pun sempat luntang-lantung sebelum akhirnya direkrut sebagai pembalap cadangan oleh Red Bull Racing.

Lalu, Ricciardo akhirnya ditugaskan kembali sebagai pembalap utama oleh Red Bull di tim satelit mereka yakni Alpha Tauri. Dia menggantikan posisi Nyck De Vries karena pembalap Belanda keturunan Indonesia itu tampil kurang memuaskan dengan gagal mencetak satu pun poin dalam 10 seri pertama F1 2023.(Sumber)