News  

Survei NIRC: Elektabilitas Prabowo Melesat Jauh Di Atas Ganjar dan Anies

Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, unggul di atas dua potensial kompetitornya pada Pilpres 2024.

New Indonesia Research and Consulting, mencatat, elektabilitas Prabowo unggul dari calon presiden PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

“Elektabilitas Prabowo terus melesat dan unggul, sementara Ganjar cenderung stagnan,” kata Direktur Eksekutif New Indonesia Research and Consulting, Andreas Nuryono, dalam keterangannya, Selasa (25/7).

Pada survei itu, Prabowo berhasil menempati peringkat pertama dengan torehan elektabilitas sebesar 26,5 persen. Disusul Ganjar dengan angka 23,6 persen dan Anies dengan dukungan sebanyak 13,3 persen.

Survei dilakukan pada 5-12 Juli 2023, melibatkan 1.200 responden.

Andreas memaparkan, elektabilitas Prabowo terus mengalami tren peningkatan di tengah melandainya elektabilitas Ganjar.

Selain itu, lanjutnya, tren penguatan pada elektabilitas Prabowo ditengarai adanya dukungan Presiden Joko Widodo yang cenderung mengarah kepada Menteri Pertahanan itu.

“Jokowi ingin memastikan Capres yang bisa menjamin keberlanjutan program dan menang Pilpres,” katanya.

Bahkan, kata dia, survei juga mensimulasikan dua pasangan nama. Hasilnya, Prabowo unggul 49,5 persen jika bertarung lawan Ganjar yang hanya mendapat dukungan sebesar 36,6 persen.

“Prabowo mengungguli Ganjar dalam simulasi dua nama bakal calon presiden,” pungkasnya.(Sumber)