News  

Rhenald Kasali Ungkap 10 Tanda Bisnis Artis Crazy Rich Dari Hasil Pencucian Uang

Beberapa waktu lalu, sempat tersiar kabar jika ada seorang artis yang terlibat dalam kasus pencucian uang oleh salah satu pelaku kejahatan. Artis tersebut dikenal sebagai Crazy Rich atau orang kaya yang memiliki nilai kekayaan besar.

Hal ini turut menggelitik Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Rhenald Kasali. Ia lalu membeberkan sepuluh tanda bisnis yang dibangun lewat money laundry atau pencucian uang. Hal ini disampaikan Rhenald melalui kanal YouTube pribadinya dalam sebuah video yang berjudul ’10 Tanda-Tanda Bisnis Artis Dari Pencucian Uang’.

Dalam video tersebut, praktisi bisnis asal Indonesia tersebut juga mengutip ucapan dari mantan Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto tentang pencucian uang yang dapat mengorganisir kejahatan lainnya. “Money Laundering is giving oxygen to organised crime,” ucap Rhenald yang dikutip dari kanal YouTube-nya, Senin 24 Juli 2023.

Lantas, apa saja tanda-tanda bisnis artis dari pencucian uang? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini
1. Tiba-Tiba Usaha Menjadi Sangat Besar

 

Tanda-tanda bisnis yang berasal dari pencucian uang yang pertama adalah usahanya yang tiba-tiba menjadi besar. Bahkan, kesuksesan usaha ini membuat banyak orang terkagum-kagum hingga bertanya-tanya tentang manajemen usaha tersebut.

2. Easy Money

 

Bisnis yang dibangun dari money laundry terlihat selalu bisa mendapatkan uang dengan mudah, bahkan uang tersebut seperti turun langsung dari langit. Umumnya, jika pemilik usaha mendapatkan uang dengan melakukan pinjaman kepada bank, maka akan menempuh proses yang cukup panjang. Sehingga, pengusaha cenderung tidak bisa membangun sesuatu atau ekspansi usahanya dengan cepat.

3. Mereka Selalu Punya Alibi

 

Artis yang memiliki bisnis dari pencucian uang selalu memiliki alibi tentang hasil usahanya. Mereka selalu mempunyai alasan yang dapat dipercaya jika uang yang mereka dapatkan adalah hasil dari berbagai macam bisnis yang dimiliki. Padahal, bila dihitung keuntungan dari bisnis tersebut tidak memungkinkan untuk membeli kendaraan mewah, seperti mobil atau pesawat.

4. Bukan Membangun Usaha, Tapi ‘New Empire’

Alih-alih membangun usaha baru, artis yang memiliki bisnis dari pencucian uang justru akan membuat sebuah kerajaan baru yang sangat besar. Pola yang digunakan adalah berawal dari satu orang yang menitipkan modal kemudian menjaring orang-orang lain yang pada akhirnya mempercayakan uang mereka untuk dikelola oleh perusahaan tersebut. Alhasil, mereka dipercaya sebagai orang yang bisa mengelola keuangan agar mendapatkan untung yang besar

5. Mengaku Modalnya dari Warisan

Tanda bisnis artis yang dibangun dari pencucian uang selanjutnya adalah mengaku jika modalnya didapatkan dari warisan. Selain itu, bisa juga modalnya berasal dari kepintaran lain yang alur bisnisnya sulit dipahami oleh orang lain, seperti trading, kripto, NFT, hingga properti. Alhasil, orang tidak dapat mengetahui nilai dari bisnis tersebut karena telah dibuat sedemikian rupa oleh para pengusaha tersebut

6. Ada Sosok “Tersembunyi’ di Belakang Mereka

 

Sosok tersembunyi ini umumnya adalah orang yang memiliki kekayaan asli dari uang-uang artis tersebut. Mereka bisa saja bersembunyi di antara karyawan lain agar tidak diketahui identitasnya. Namun, biasanya sosok ini memiliki aset yang cenderung lebih besar dan berbeda dengan karyawan lain sehingga terlihat sebagai orang yang ‘tidak bisa disentuh’

7. Bisnis Tumbuh Besar, Tetapi Tidak Memiliki Keahlian Bisnis

Artis ini pada umumnya memiliki usaha yang tumbuh dengan besar namun dia tidak memiliki keahlian dalam berbisnis. Hal ini disebabkan karena ada orang lain yang lebih pandai dari mereka dan bertugas untuk mengelola bisnis yang sebenarnya. Jadi, artis tersebut hanya bertugas untuk tampil di publik membawa nama perusahaannya.

 

8. Dikelilingi oleh Media Komunikasi

Para atis atau pengusaha ini umumnya akan berinvestasi di sejumlah media komunikasi. Jadi, saat mereka ada kegiatan, mereka selalu dikelilingi oleh orang-orang yang merekam dan mengikuti kegiatannya. Namun, saat artis ini terlibat masalah, media tersebut akan bersembunyi dan tidak ikut membahas masalah tersebut.

9. Mereka Terlihat ‘Generous’

Hal ini merujuk pada artis yang kerap membagi-bagikan uang secara cuma-cuma kepada penggemarnya. Hal ini sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.

10. Tiba-Tiba Bermasalah

 

Terakhir, Rhenald Kasali menyebutkan bisnis yang dibangun dari pencucian uang umumnya selalu memiliki masalah secara tiba-tiba. Mulai dari sexual harassment, penyalahgunaan narkotika, atau tindakan kriminal lainnya. Hal ini terjadi karena orang-orang yang bekerja pada mereka adalah orang-orang titipan dari pemilik modal di perusahaan tersebut.(Sumber)